TIPS DAN TRIK MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET

Internet cepat, buat apa?…
Tentu di era informasi dan digital ini kita amat membutuhkan koneksi Internet yang super cepat untuk menunjang berbagai bidang kehidupan dan membantu pekerjaan kita sehari-hari. Adakalanya kecepatan Internet kita masih tidak sesuai dengan kebutuhan sekarang, bahkan masih banyak daerah di Indonesia yang belum memiliki akses Internet. Kalaupun ada, koneksinya masih sering lelet.. :(. Nah, berikut ini disajikan beberapa tips dan trik untuk mempercepat koneksi Internet, walaupun memang belum mampu mendongkrak kecepatan dengan sangat signifikan sampai berkali-kali lipat, tapi apa salahnya di coba terlebih dahulu dan semoga bisa membantu menikmati kecepatan Internet dan menambah wawasan Anda.

1. Mematikan QoS Pada Sistem Operasi Windows

Pada dasarnya OS Windows sudah membatasi bandwidth untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwidth yang seharusnya bisa maksimal guna layanan sistem Qos, Jika anda ingin memaksimalkan bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat dan kencang, maka bisa dengan cara mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada Windows kita bisa maksimal dalam menggunakan bandwidth yang sudah ada.

Ikuti petunjuknya seperti dibawah ini :

  1. Klik Start
  2. Klik Run
  3. Ketik gpedit.msc
  4. Kemudian klik Ok
  5. Setelah masuk klik Administrative Templates
  6. Kemudian Klik Network
  7. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler
  8. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
  9. Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable
  10. Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
  11. Klik Apply, Ok
  12. Kemudian keluar dan Restart komputer

Bagi yang belum tahu QoS, QoS sendiri adalah kependekan dari Quality of Services yang mengatur dan memfilter packet jaringan yang masuk. Dengan QoS ini, windows akan menganalisa aliran data yang masuk melalui jaringan dan mengetahui proses kecepatan data. Data ini nantinya akan dimasukkan ke system dan digunakan sebagai acuan untuk efisiensi kinerja komputer secara keseluruhan.

Efek samping dari proses tersebut, QoS akan sedikit memakan koneksi internet anda sehingga koneksi internet anda jadi lebih lambat karena bandwidth akan digunakan oleh QoS. Terlebih lagi jika anda menggunakan koneksi internet yang lambat, maka koneksi internet anda akan semakin lambat.

Dengan trik ini, meskipun hasilnya tidak signifikan, koneksi internet anda akan lebih cepat dari sebelumnya karena satu proses yang memakan bandwidth tidak aktif lagi.

2. Jika Menggunakan Browser Firefox Gunakan add on Fasterfox

Fasterfox adalah sebuah add on yang berfungsi untuk mempercepat koneksi dengan melakukan optimasi pada network dan cache browser. Fungsi dari cache adalah untuk menyimpan data sementara dari website yang kita kunjungi, sehingga ketika kita membuka kembali website tersebut proses loading-nya akan lebih cepat karena datanya telah disimpan di cache.

Beberapa optimasi yang dapat dilakukan oleh fasterfox adalah: HTTP pipelining, Memory caching,Disk caching,DNS caching,FastBack caching. Anda bisa memasang addon Fasterfox disini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/rsccmanfasterfox/

fasterfox

3. Bagi pengguna Firefox, silahkan pasang Adblock

Fungsinya adalah untuk mem-filter iklan-iklan yang tidak perlu pada saat kita browsing, sehingga proses loading akan menjadi lebih cepat dan maksimal. Anda bisa memasang addon disini https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/adblock-plus/

adblock plus

4. Mempercepat Koneksi dengan Mengubah Seting Modem LAN Speedy

Cara ini dapat dilakukan bagi pengguna Speedy, yaitu dengan melakukan setting pada modem speedy Anda. Ikuti langkah berikut untuk melakukannya:

  1. Masuk ke settingan modem, 192.168.1.1
  2. Klik Advanced Setup
  3. Klik ADSL, lalu pilih ADSL Mode, awalnya pasti ADSL2+ lalu diganti jadi G.DMT, lalu klik save, tunggu beberapa saat browsing lagi

Selanjutnya lakukan setting berikut ini:

  1. Pilih propertis my computer dengan cara mengklik kanan pada ikon my computer yang terdapat pada dekstop atau cari di explore.
  2. Pilih Device manager
  3. Cari pilihan port (com & lpt)
  4. double klik (klik dua kali) tulisan communication port (com 1)
  5. Propertis kembali pada com 1
  6. pilih port setting pada bit per second yang pada awal angkanya 9600 ganti dengan 12800
  7. flow control ada 3 pilihan yang semula none ganti dengan hardware lalu Ok, tutup device manager kemudian Ok

lihat apa ada perubahan. Jika tidak ada perubahan kembalikan setting seperti awal.

Penting: ada sebagian komputer yang tidak bisa

5. Mengubah DNS dengan DNS yang paling dekat dan paling cepat

Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan protokol TCP/IP. DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon, dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. DNS inilah yang digunakan di Internet, selain itu DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet.

Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

Jadi secara teori kecepatan internet anda akan sangat dipengaruhi oleh kecepatan server DNS dan jarak server DNS yang anda gunakan. Nah, dalam hal ini maka kita akan mengubah seting DNS di komputer Anda menjadi DNS yang tercepat dan terdekat.

Sebelumnya, coba anda tes dulu kecepatan awal internet anda, lalu ubah setting DNS, dan diakhir nanti anda tes lagi kecepatan internet anda, apakah ada peningkatan yang signifikan ataukah tidak. Jika tidak saya sarankan mengubah kembali ke setting DNS awal.

Cara mengecek kecepatan internet, bisa menggunakan situs speedtest.net http://www.speedtest.net/ sehingga kita dapat mengetahui berapa kecepatan koneksi internet kita seperti contoh gambar dibawah ini:

speed testLangkah selanjutnya kita akan mencari DNS tercepat dan terdekat, caranya bisa menggunakan aplikasi seperti namebench. Aplikasi ini akan mencari DNS terbaik disesuaikan dengan tempat dimana kita berada secara mudah. Aplikasi ini bisa anda download disini https://code.google.com/p/namebench/downloads/list

Cara menggunakan namebach sangat mudah, biarkan Nameservers secara otomatis tanpa diubah, ceklis Include global DNS providers, Include best available regional DNS services. Pada bagian healt Check Performance pilih Fast, Query Data Source isi dengan browser yang sering kita gunakan, pada Number of queries isi dengan angka 1 untuk memunculkan hasil DNS server terbaik. Klik Start Benchmark dan tunggu prosesnya sekitar 20-30 menit . akan lebih baik lagi apabila kita tidak menggunakan terlebih dahulu koneksi internet untuk browsing & download supaya memperoleh hasil terbaik agar tidak mengganggu proses namebench dalam mencari server DNS nya.

DNS Tercepat

Setelah server DNS terbaik ketemu, dalam contoh diatas DNS yang terbaik adalah 156.154.70.1

Langkah selanjutnya adalah mengubah setingan DNS komputer kita dengan mengikuti langkah berikut, langkah berikut ini pada Windows 7:

  1. Masuk ke control panel
  2. Pilih Network & Internet Connections
  3. Pilih Network & Sharing Centre
  4. Pilih di Connection yang sedang aktif, Tergantung Anda memakai LAN atau WIFI
  5. klik di bagian properties
  6. Unceklis di QoS Packet Scheduler
  7. Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IP v4), klik properties

WIFI Connection

  1. pilih Use the following DNS server addresses
  2. Masukkan preferred DNS server dengan hasil DNS terbaik yang anda peroleh dengan software namebech misalnya : 156.154.70.1
  3. Masukkan Alternate DNS server, dengan hasil DNS kedua terbaik yang anda peroleh dengan software namebech misalnya :8.8.8.8 (DNS Publik Google) atau 202.134.0.155 (DNS Telkomspeedy Jakarta)
  4. klik Ok
  5. Restart komputer anda apabila diperlukan
  6. Setelah itu buktikan kecepatan yang terasa dan pastikan lebih cepat dari kecepatan yang sebelumnya. Buktikan dengan melakukan tes kecepatan internet (contoh melalui situs speedtest.net) dan bandingkan dengan hasil yang anda dapatkan sebelum mengganti DNS diatas.

setting DNS

6. Tips & Trik Cara Mempercepat Koneksi Internet pada WIFI Hotspot

  1. Pastikan anda sedang berada pada jangkauan area WIFI, kemudian koneksikan komputer anda pada jaringan wifi. Setelah itu klik kanan pada nama jaringan lalu pilih Status, lihat gambar di bawah ini.
  2.  Setelah anda menjalankan hal diatas maka akan muncul Status Wireless Network Connection lalu klick Detail status, lihat gambar.
  3. Catat angka yang dilingkari berwarna merah seperti pada gambar di atas.
  4. Klick Start, Run, Ketik cmd.exe (Windows + R untuk win 7)
  5. Ketikkan teks ini ping -l 500 192.168.1.1 –t kemudian tekan Enter.

Tujuan dilakukan hal tersebut adalah anda meminta bandwitch sebanyak 500 bytes dari server jaringan hotspot. Bandwitch normal yang diberikan biasanya hanya 32 bytes per-user tetapi dengan mengetikkan format diatas berarti anda meminta 500 bytes, tetapi jika anda belum puas anda bisa menambahkannya 1000, 2000, 3000 sampai 6000 pada angka 500 itu.

192.168.1.1 adalah IP address dari jaringan hotspot yang saya gunakan. Tiap IP address jaringan hotspot masing-masing orang dapat berbeda anda bisa melihatnya di . Biarkan jendela cmd terbuka selama anda internetan.

WIFI Connection

Dalam menggunakan koneksi WIFI anda juga harus memperhatikan jarak anda dengan pusat jaringan WIFI tersebut, Cara mempercepat koneksi internet WIFI Hotspot ini akan sangat percuma jika jarak terlalu jauh

SELAMAT MENCOBA

Semoga berhasil meningkatkan kecepatan internet Anda

Iklan

3 thoughts on “TIPS DAN TRIK MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s