Pengertian Pendidikan (Education)

PENGERTIAN PENDIDIKAN (EDUCATION)

Oleh: Yoga Permana Wijaya, S.Pd

https://yogapermanawijaya.wordpress.com

PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI

Plato (Filsuf Yunani, 429 SM – 346 SM)

Pendidikan adalah segala sesuatu yang membantu perkembangan individu dari jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya kesempurnaan.

Abdullah Ibnu al-Muqaffa (Filsuf Persia,  – 756)

Pendidikan adalah kebutuhan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan dan mencapai peradaban yang tinggi (kesempurnaan) yang merupakan santapan akal dan rohani.

Jean-Jacques Rousseau (Filsuf Perancis, 1712 – 1778)

Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa.

John Stuart Mill (Filsuf Inggris, 1806-1873)

Pendidikan adalah meliputi segala sesuatu yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan untuk orang lain oleh dia, dengan tujuan mendekatakan dia kepada tingkat kesempurnaan.

John Dewey (Filsuf Amerika Serikat, 1859-1952)

Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental baik menyangkut daya pikir atau daya intelektual maupun daya emosional atau perasaan ke arah alam dan sesama manusia. Pendidikan merupakan proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan sosial. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok dimana dia hidup.

Mary McLeod Bethune (Pakar Pendidikan, 1871 – 1955)

Dalam pengertian yang sempitt pendidikan berarti perbuatan atau proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan.

Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, 1889-1959)

Pendidikan yaitu tuntutan didalam hidup tumbuhnya anak-anak, maksudnya pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti (karakter, kekuatan bathin), pikiran (intelektual) dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya.

Edgar Dale (Pakar Pendidikan, 1900 – 1985)

Pendidikan merupakan usaha secara sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar bisa mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

Martinus Jan Langeveld (Pakar Pendidikan, 1905 – 1989)

Pendidikan merujuk kepada berbagai usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan orang dewasa kepada anak-anak agar menuju proses pendewasaan atau lebih tepatnya membantu anak-anak agar lebih cakap dalam melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pendidikan tersebut merupakan suatu proses atau kegiatan yang diarahkan untuk mengubah tabiat (behavior) manusia. Behavior adalah setiap tanggapan atau perbuatan seseorang. Pendidikan merupakan setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak di lapangan atau dalam kedaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.

Paulo Freire (Pakar Pendidikan, 1921 – 1997)

Pendidikan merupakan jalan menuju pembebasan yang permanen dan terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa di mana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, yang melalui praktik mengubah keadaan itu. Tahap kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.

Carter V. Good (Pakar Pendidikan, )

Pendidikan ialah 1) Seni, praktik atau profesi mengajar; 2) ilmu yang sistematis atau pengajaran yang berhubungan dengan prinsip dan metode-metode mengajar, pengawasan dan bimbingan murid.

Jeff Thompson (Pakar Pendidikan, 2010)

Pendidikan adalah pengaruh lingkungan terhadap seorang individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan tetap dalam kebiasaan berperilaku, berfikir, dan sifatnya.

Redja Mudyahardjo (2001)

Dalam bukunya, Pengantar Pendidikan: sebuah studi awal tentang dasar-dasar pendidikan pada umumnya dan pendidikan Indonesia, dikemukakan bahwa pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup, serta pendidikan dapat diartikan sebagai pengajaran yang diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal.

PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT ENSIKLOPEDIA, KAMUS, DAN UNDANG UNDANG RI

Wikipedia Bahasa Indonesia (2012)

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Dictionary of Psychology (1972)

Pendidikan berarti tahapan kegiatan yang bersifat kelembagaan (seperti sekolah dan madrasah)yang dipergunakan untuk menyempurnakan perkembangan individu dalam menguasai pengetahuan, kebiasaan, sikap, dan sebagainya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991)

Pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 1989

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

PENGERTIAN PENDIDIKAN DARI SUDUT PANDANG KEILMUAN TERTENTU

Sosiologi

Memandang pendidikan dari aspek sosial, yaitu mengartikan pendidikan sebagai usaha pewarisan dari generasi ke generasi.

Antrophologi

Memandang pendidikan adalah enkulturasi yaitu proses pemindahan budaya dari generasi ke generasi.

Psikologi

Memandang pendidikan dari aspek tingkah laku individu, yaitu mengartikan pendidikan sebagai perkembangan kapasitas individu secara optimal.

Ekonomi

Memandang pendidikan sebagai usaha penanaman modal insani (human capital) yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu bangsa

Politik

Melihat pendidikan adalah proses menjadi warga negara yang diharapkan (civilisasi) sebagai usaha pembinaan kader bangsa yang tangguh

 

KESIMPULAN

Pendidikan adalah proses pengarahan manusia kepada manusia lainnya, dimana manusia tersebut dihadapkan pada kondisi dan pengaruh lingkungan yang terpilih dan terkontrol (misalnya sekolah) sehingga memiliki pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan untuk menjalani kualitas hidup yang lebih baik.

 

KATA KUNCI

Pengertian Pendidikan

 

REFERENSI

  • _____. Pendidikan. [Online] Http://Id.Wikipedia.org/wiki/Pendidikan. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2012
  • Faturrahman Dkk (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
  • _____. Pengertian Pendidikan Menurut Ahli. [Online] Http://belajarpsikologi.com. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2012
  • _____. Pengertian Pendidikan. [Online] Http://wawan-satu.blogspot.com. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2012
  • Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 2 Tahun 1989
  • Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003
  • _____, Beberapa Pengertian Pendidikan. [Online] http://www.anneahira.com. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2012
  • _____, Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli. [Online] Http://bio-sanjaya.blogspot.com. Dikses pada tanggal 22 Agustus 2012
  • _____, Dasar Pendidikan. [Online] Http://Id.Wikipedia.org/wiki/Dasar_Pendidikan. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2012

Tinggalkan komentar