Rahasia dan Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

benefits-of-fasting

 

Bagi tiap-tiap sesuatu itu ada pembersihnya, dan pembersih badan (jasad) adalah puasa (HR. Ibnu Majah)

 

AJAIB! Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan manfaat dari puasa. Secara sederhana, ajaib adalah sesuatu yang aneh tapi nyata. Yakni, sesuatu yang terjadi di luar prediksi manusia, atau sesuatu yang dapat diprediksi, tetapi kenyataannya melebihi apa yang diprediksikan. Namun demikian, bukan berarti sesuatu yang ajaib itu tidak ada yang rasional. Di dunia ini ada banyak kejadian atau peristiwa aneh dan ajaib, tapi rasional, bahkan sangat rasional. Hal itulah yang terjadi pada puasa.

Puasa adalah salah satu ibadah dalam Islam yang memiliki berbagai keajaiban, diantaranya dapat melahirkan kesehatan. Hal ini sesuai dengan   sabda   Rasulullah   Saw   yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu’aim, Berpuasalah kamu niscaya akan sehat. Secara fisik,  puasa memiliki efek kesehatan seperti: membangun sistem kekebalan, sistem pencernaan, sistem reproduksi, dan masih banyak lagi.

Elson M. Haas M.D. Direktur Medical Centre of Marin mengatakan, puasa adalah bagian yang hilang “missing link” dalam diet di dunia barat. Kebanyakan orang barat over eating atau terlalu banyak makan – makan dengan protein yang berlebihan; lemak yang berlebihan pula. Sehingga ia menyarankan agar orang mulai mengatur makanannya lebih seimbang dan mulai berpuasa, karena puasa bermanfaat sebagai: purifikasi, peremajaan, istirahat pada organ pencernaan, anti aging (penuaan), mengurangi alergi, mengurangi berat badan, detoksifikasi (pembuangan racun tubuh), relaxasi mental dan emosi, perubahan kebiasaan dari kebiasaan makan yang buruk menjadi lebih seimbang dan lebih terkontrol, meningkatkan imunitas tubuh dan lebih baik lagi bila dalam pengawasan dokter.

Berikut ini dipaparkan lebih lanjut manfaat puasa secara ilmu pengetahuan dan kedokteran:

  1. Puasa Memperbaiki Sel Yang Rusak

Asam amino adalah zat yang membentuk infra struktur sel-sel tubuh. Pada saat berpuasa, asam amino yang baru terbentuk dari makanan ini berkumpul dengan asam-asam hasil proses pencernaan sebelum didistribusikan kembali kedalam tubuh dan akan terjadi format ulang.

Pembentukan sel-sel dilakukan kembali setelah proses-proses pencernaan, kemudian didistribusikan sesuai dengan kebutuhan sel-sel tubuh. Dengan demikian, terbentuklah gugus-gugus  baru  untuk  sel-sel,  yang merenovasi strukturnya dan meningkatkan kemampuan fungsional kinerjanya, sehingga menghasilkan kesehatan bagi tubuh manusia.

Pola makan saat puasa tetap dapat mensuplai asam lemak dan asam amino penting saat makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein, lemak, fosfat, kolesterol dan yang lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati.

  1. Puasa Membersihkan Tubuh dari Racun

Pada saat berpuasa, lemak-lemak yang disimpan pada tubuh dalam jumlah besar dipindahkan ke hati sehingga dioksidasi dan dimanfaatkan oleh hati. Dari proses ini dikeluarkan racun-racun yang meleleh di dalamnya, kandungan racunnya dimusnahkan, kemudian dibersihkan bersama kotoran-kotoran tubuh. Proses detoksifikasi ini akan lebih baik apabila cukup meminum air putih pada saat malam hari dan sahur.

Sedangkan penghentian konsumsi air selama puasa akan sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air.

Dalam keadaan tertentu hal ini akan memberi perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air ketika puasa akan meminimalkan volume air dalam darah yang memacu kinerja mekanisme lokal pengatur pembuluh darah dan menambah prostaglandin yang akhirnya memacu fungsi dan kerja sel darah merah.

  1. Puasa Membuat Awet Muda dan Panjang Umur

Manusia memiliki cadangan energi yang disebut glikogen yang dapat bertahan selama 25 jam. Jika tubuh tidak mendapat suplai makanan dari luar maka sewaktu-waktu cadangan ini akan dibakar menjadi energi. Ketika berpuasa cadangan makanan yang ada didalam tubuh akan dikeluarkan, sehingga melegakan pernafasan (oksidasi) organ-organ tubuh serta sel penyimpanannya. Proses ini disebut peremajaan sel. Dengan meremajakan sel-sel tubuh akan bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit kita. Oleh karena itu orang yang sering berpuasa kulitnya akan terlihat lebih sehat, segar, lembut dan berseri karena proses peremajaan sel didalam tubuhnya berjalan dengan baik.

Penelitian endokrinologi menunjukan bahwa pola makan saat puasa yang bersifat rotatif akan menjadi beban dalam proses asimiliasi makanan didalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan penurunan hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang.

Puasa membuat panjang umur dibuktikan oleh studi asal China. Ternyata pengurangan 30% makan dapat meningkatkan produksi bakteri “baik” dalam pencernaan, termasuk Lactobacillus yang berhubungan dengan panjang umur. Profesor mikrobiologi dari Shanghai Jiao Tong University Liping Zhao mengatakan, “Pembatasan kalori dapat memicu peningkatan pertumbuhan bakteri baik. Hal ini dapat membantu memperbaiki kesehatan secara umum sehingga bisa memperpanjang umur“. Studi ini dipublikasi dalam jurnal Nature Communications.

Kendati demikian, Zhao mengakui hasil studi ini tidak dapat secara langsung diaplikasikan  semua pada manusia. Namun ada prinsip-prinsip dasar yang mampu diterapkan. Karena setiap manusia memiliki genetik, aktivitas fisik, usia, kegiatan yang berbeda, maka kebutuhan nutrisi setiap orang tidak sama.

Studi lain dari Intermountain Medical Centre Heart Institute menyatakan, puasa dapat menurunkan risiko penyakit arteri koroner dan diabetes. Studi tersebut juga melaporkan, puasa menyebabkan perubahan signifikan dalam kadar kolesterol darah. Mungkin karena dapat memperbaiki kesehatan secara umum, maka puasa dikatakan mampu membuat awet muda dan memperpanjang umur.

  1. Psikososial yang Positif

Istilah Psikososial menggambarkan hubungan antara kondisi sosial seseorang dengan kesehatan mental /emosionalnya. Peranan puasa sebagai bulan yang penuh berkah, setiap doa dan ibadah akan memiliki pahala berkali lipat dibandingkan biasanya. Bertambahnya kualitas dan kuantitas berkah dan pahala tersebut akan meningkatkan hubungan komunikasi sosial positif yang lebih sering antara seorang penganut ajaran Islam yang taat dengan sesama manusia lainnya.

Psikososial memiliki dampak bagi kesehatan manusia, berbagai peningkatan ibadah secara langsung meningkatkan hubungan dengan Sang Pencipta dan sesamanya. Ini akan membuat jiwa lebih bahagia, aman, teduh, gembira dan merasa puas.

Keadaan psikologis yang tenang, tanpa amarah dan teduh saat puasa dapat menurunkan hormon adrenalin. Adrenalin dapat memperkecil kontraksi otot empedu, menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah arterial, menambah volume darah ke jantung dan meningkatkan detakannya. Adrenalin juga menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak, seperti jantung koroner, stroke dan yang lainnya. Sehingga dengan berkurangnya adrenalin dalam jumlah yang cukup membuat kita relatif lebih sehat.

Demikian hikmah dan manfaat berpuasa yang luar biasa. Masih banyak lagi manfaat-manfaat lain puasa bagi kesehatan yang tidak bisa penulis tuliskan satu persatu di artikel yang terbatas ini. Segala manfaat luar biasa dari puasa di dunia saja ada banyak, apa lagi bagi akhirat kita, yang memang disyari’atkan agama untuk berpuasa. Ketika kita melakukan puasa dengan benar, pasti kita bisa merasakan manfaat puasa yang lebih dahsyat lagi bagi kesehatan tubuh dan jiwa kita.

Wallahu’alam Bishawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s