SOAL LATIHAN DAN PREDIKSI UAS GANJIL PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

  • Satuan Pendidikan  : SMK N 1 BOJONGGENTENG
  • Kelas                           : XI (Sebelas)
  • Mata Pelajaran         : Pengolahan Citra Digital
  • Guru Mapel               : Yoga Permana Wijaya, S.Pd
  • Kompetensi Dasar   :

3.1.    Memahami anatomi font huruf pada tipografi
4.1.    Menyajikan data hasil pengamatan terhadap anatomi font huruf berbagai media dalam kehidupan sehari-hari
3.2.    Memahami klasifikasi huruf font pada tipografi
4.2.    Menyajikan data hasil pengamatan terhadap jenis-jenis font huruf berbagai media dalam kehidupan sehari-hari
3.3.    Memahami cara membuat desain teks
4.3.    Membuat desain teks untuk keperluan tertentu.
3.4.    Memahami cara memberi efek pada teks menggunakan aplikasi pengolah teks.
4.4.    Melakukan pengolahan  teks (efek khusus).
3.5.    Memahami citra bitmap
4.5.    Menyajikan data hasil pengamatan terhadap citra bitmap
3.6.    Memahami citra vektor
4.6.    Menyajikan data hasil pengamatan terhadap citra vektor

Untuk tampilan Gambar dan Ikon yang tidak muncul dalam soal ini, download soal dari link berikut ini:  LATIHAN SOAL DAN PREDIKSI UAS GANJIL PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1. Contoh yang merupakan gambar digital adalah….
a. Lukisan cat air
b. Lukisan air brush
c. Grafity pada dinding gedung
d. Gambar hasil olahan scanner
e. Gambar pemandangan alam

2. Sistem pewarnaan gambar yang biasa ditampilkan pada layar monitor dengan warna primer merah, hijau dan biru adalah….
a. CMYK
b. RGB
c. Saturation
d. Brighnest
e. Contras

3. Sistem pewarnaan gambar digital yang biasa digunakan pada tinta printer adalah….
a. CMYK
b. RGB
c. Saturation
d. Brighnest
e. Contras

4. Berikut ini beberapa pengertian dari gambar digital:
1) gambar yang tersusun dari sejumlah titik pixel (picture element) /dot/point/titik koordinat
2) gambar yang dihasilkan dari olah gambar di komputer
3) gambar yang tersusun oleh sekumpulan garis, kurva, dan bidang tertentu dengan menggunakan serangkaian instruksi matematis
4) gambar peripheral komputer
5) berbagai macam gambar yang bersifat natural, termasuk kedalamnya gambar komputer
Pengertian gambar digital yang tepat adalah….
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 4
d. 1, 3, dan 5
e. 2, 4, dan 5

5. Suatu format berkas grafik, yang dapat berisikan grafik vektor, teks ataupun bitmap adalah….
a. JPG
b. BMP
c. EPS
d. GIF
e. PNG

6. Suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membangun dan merancang objek visual baik digital maupun non digital adalah….
a. Grafik komputer
b. Entertainment
c. Visualisasi Proses
d. Desain Grafis
e. Multimedia

7. Monitor berwarna dengan system CRT menghasilkan warna dengan cara….
a. Dalam sistem random menggunakan penetrasi beam
b. Dalam sistem raster menggunakan shadow mask dengan tiga electron guns
c. Menggunakan phosphor yang berbeda, tiap phosphor menghasilkan warna yang
d. spesifik
e. a, b & c Benar
f. a, b & c Semua Salah

8. Gambar tersebut merupakan tampilan dari….
a. RGB colors
b. CMYK colors
c. Exposure colors
d. Gradien colors
e. Cluster colors

9. Yang merupakan karakteristik dari warna RGB adalah, KECUALI….
a. Setiap komponen warna disimpan secara terpisah dalam frame buffer
b. Biasanya 8 bit per komponen dalam buffer
c. Catatan dalam glColor3f kisaran nilai warna dari 0,0 (tidak ada) menjadi 1,0 (semua),
sedangkan di glColor3ub nilai berkisar dari 0 sampai 255
d. Atribut dan warna BUKAN merupakan kesatuan dari objek
e. Bisa digunakan untuk keperluan visual yang ditampilkan dilayar monitor

10. Kumpulan titik-titik yang tersusun sedemikian rupa sehingga memilik pangkal dan ujung disebut….
a. Pixel
b. Garis
c. Resolusi
d. Vector
e. Tabel

11. Energi berbentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm, adalah….
a. Warna
b. Cahaya
c. Spektrum
d. Shading
e. Kurva

12. Intensitas dari berkas elektron dimodifikasi oleh nilai….
a. Pixel
b. Vga
c. Resolusi
d. Kecerahan
e. Hue Saturation

13. Bagian terkecil dari struktur bahasa tulis & merupakan elemen dasar untuk membangun sebuah kata & kalimat adalah….
a. Huruf
b. Gambar
c. Citra
d. Digital
e. Simbol

14. Tipografi atau bahasa Inggris Typography berasal dari bahasa Yunani yang berarti….
a. Typos = bentuk, Graphein = menulis
b. Typos = bentuk, Graphein = bumi
c. Typos = tipe, Graphein = grafik
d. Typos = mengetik, Graphein = menggambar
e. Typos = tampilan, Graphein = menjelaskan

15. Font Serif adalah font yang memiliki detail berupa….
a. Tangkai/ekor
b. Warna
c. Kepala
d. Badan
e. Seperti Tulisan Tangan

16. Jenis font yang seperti tulisan tangan yaitu….
a. Cultive/script
b. Decorative
c. Serif
d. San Serif
e. Fantasy

17. Jenis huruf yang identik dengan serif atau sans serif tapi jarak antar huruf disamakan, bersifat formal, sederhana, futuristik, kaku dan mudah dibaca tapi kurang rapi. Merupakan ciri-ciri jenis huruf….
a. Cultive/script
b. Decorative
c. Serif
d. Monospace
e. Fantasy

18. Font face “Arial” adalah huruf yang tidak memiliki kait dan memiliki ujung yang tumpul, maka termasuk kedalam jenis huruf….
a. Cultive/script
b. Decorative
c. Serif
d. San Serif
e. Fantasy

19. Tingkat kenyamanan suatu susunan huruf saat dibaca, dipengaruhi oleh, KECUALI….
a. Jenis huruf
b. Ukuran
c. Pengaturan, termasuk di dalamnya alur, spasi, kerning, perataan, dsb
d. Kontras warna terhadap latar belakang
e. Frekuensi pengamat menemui huruf tersebut dalam kehidupan sehari-hari

20. Pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistik disebut ….
a. Kesederhanaan
b. Point of interest
c. Clarity
d. Simplicity
e. Unity

21. Bagaimana sebuah karya tersebut dapat mudah dimengerti dan tidak menimbulkan ambigu/ makna ganda disebut ….
a. Kesederhanaan
b. Point of interest
c. Unity
d. Simplicity
e. Clarity

22. Kualitas pada huruf membuat huruf tersebut dapat dibaca adalah….
a. Legibility
b. Readibility
c. Visibility
d. Clarity
e. Unity

23. Efek cetak tebal biasa disebut juga dengan….
a. Italic
b. Underline
c. Dropcap
d. Bold
e. Strike

24. Ukuran dan jenis huruf standar yang biasa digunakan dalam isi karya ilmiah adalah….
a. Comic San Ms, 12 Pt
b. Impac, 14 Pt
c. Arial, 20 Pt
d. Times New Roman, 12 Pt
e. Trajan Pro, 16 Pt

25. Pengertian dari Pixel (picture element) adalah ….
a. Banyaknya titik dalam 1 inchi
b. Titik-titik penghubung atau garis pada suatu objek
c. Titik-titik yang merupakan bagian terkecil dari gambar bitmap
d. Isi dari suatu objek kurva atau bidang-bidang tertentu dan biasanya berupa warna
e. Titik-titik yang muncul karena melakukan pembesaran pada foto

26. Kelebihan dari gambar bitmap dibandingkan gambar vektor adalah….
a. bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil gambar tanpa mengubah kualitasnya
b. mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural
c. memiliki sifat yang relatif tidak universal, sehingga lebih sulit dijalankan menggunakan beragam perangkat dan sistem operasi
d. dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi, tentunya dengan menggunakan software yang sesuai
e. mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya

27. Format gambar terbaik dengan pengertian bahwa semua data dan informasi (data RGB, data CMYK, dan lainnya) yang berkaitan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar tersebut tidak hilang yaitu….
a. BMP
b. PNG
c. JPG
d. TIFF
e. GIF

28. Dalam desain bitmap ada istilah DPI yang merupakan singkatan dari….
a. dot per inch
b. dot per mili
c. double per inch
d. dot per centimeter
e. double per centimeter

29. Contoh program desain grafis yang berbasis besara dan vektor adalah….
a. photoshop
b. photopaint
c. coreldraw
d. digital clay
e. Photoscape

30. Sebuah gambar menjadi pecah jika gambar diperbesar mencapai batas, termasuk ciri dari desain grafis….
a. vektor
b. 3D
c. bitmap
d. CAD
e. non digital

31. Sifat grafis bitmap sangat bergantung pada….
a. Tampilan layar komputer
b. Ukuran File
c. Kerapatan pixel yang menyusunnya
d. Jenis File
e. Koordinat gambar

32. Berikut ini merupakan program aplikasi desain grafis vektor, KECUALI ….
a. CorelDraw
b. Macromedia Freehand
c. Dia
d. Adobe Photoshop
e. Inkscape

33. Citra gambar yang menggunakan objek geometris dan perhitungan matematis merupakan ciri dari desain grafis….
a. Vektor
b. Bitmap
c. Raster
d. CAD
e. non digital

34. Pernyataan berikut ini yang benar adalah….
a. kualitas gambar grafik vektor lebih baik dari desain bitmap
b. warna gambar pada vektor lebih kompleks dari bitmap
c. dpi semakin kecil kualitas gambar semakin baik
d. kualitas gambar semakin baik jika dpi semakin tinggi
e. dpi terdapat pada desain vektor dan bitmap

35. Pengolahan grafis seperti logo, kop surat, kartu nama cocok menggunakan program grafis berbasis….
a. Vektor
b. Raster
c. Bitmap
d. CAD
e. Clip Art

36. Fungsi dari menu pada CorelDraw adalah untuk….
a. Menginstall kertas pada printer
b. Membuat halaman lembar kerja baru
c. Memodifikasi warna tinta
d. Mengatur ukuran dan jenis huruf
e. Mengatur ukuran kertas

37. Langkah untuk membuat background berwana kuning pada halaman CorelDraw adalah….
a. Layout > Page Setup > Solid > Pilih Warna kuning
b. Layout > Page Background > Bitmap > Pilih warna kuning
c. Layout > Page Setup > Bitmap > Pilih warna kuning
d. Layout > Page Background > Solid > Pilih warna kuning
e. Layout > Page Background > Solid > Bitmap > Pilih Warna kuning

38. Ikon CorelDraw yang berfungsi untuk membuat teks adalah….
a.
b.
c.
d.
e.

39. Tools CorelDraw Untuk membuat objek berbentuk persegi dengan tambahan efek bayangan adalah….
a. dan
b. dan
c. dan
d. dan
e. dan

40. Langkah untuk memberikan fill warna pada sebuah objek pada CorelDraw adalah….
a. Pilih objek dengan pick tool, klik kanan warna pilihan pada palette
b. Pilih objek dengan pick tool, klik kiri warna pilihan pada palette
c. Pilih objek dengan pick tool, klik ganda warna pilihan pada palette
d. Pilih objek dengan pick tool, klik dan geser (drag) warna pilihan pada palette
e. Pilih objek dengan pick tool, klik dan blok warna pilihan pada palette

41. Tools pada CorelDraw berfungsi untuk….
a. Memberikan efek blend
b. Memberikan efek contour
c. Memberikan efek distort
d. Memberikan efek transparency
e. Memberikan efek extrude

42. Gambar hasil pengolahan Coreldraw dapat berupa file dalam ekstensi berikut ini, KECUALI….
a. BPM
b. JPG
c. JPEG
d. GIF
e. CDR

43. Ekstensi file document dari CorelDraw adalah….
a. CDR
b. PDF
c. PSD
d. PAF
e. CRD

44. Ukuran file yang dihasilkan oleh desain grafis berbasis vektor adalah….
a. sangat besar
b. lebih besar dari bitmap
c. sama dengan bitmap
d. lebih kecil dari bitmap
e. dua kali lebih besar bitmap

45. Untuk menggabungkan objek berbentuk lingkaran dan persegi pada Corel sehingga tampak disamping dapat menggunakan perintah shaping jenis….
a. Trim
b. Shaping
c. Simplify
d. Weld
e. Intersect

46. Ikon pada Corel Draw berfungsi untuk….
a. Membuat efek blend/perpaduan antara dua buah objek dan warna
b. Membuat efek countour/garis berbentuk radial disekeliling objek
c. Membuat efek ilusi 3 dimensi pada objek
d. Membuat efek distorsi/mengubah/menyimpangkan objek dengan menekan, dorong, memutar dan tarik
e. Membuat efek transparan pada objek

47. Ikon pada Corel Draw berfungsi untuk….
a. Membuat efek blend/perpaduan antara dua buah objek dan warna
b. Membuat efek countour/garis berbentuk radial disekeliling objek
c. Membuat efek ilusi 3 dimensi pada objek
d. Membuat efek distorsi/mengubah/menyimpangkan objek dengan menekan, dorong, memutar dan tarik
e. Membuat efek transparan pada objek

48. Untuk memperoleh kurva bezier pada CorelDraw seperti gambar tersebut, maka dibutuhkan titik kontrol sebanyak….
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7
e. 8

49. Ikon pada Corel Draw berfungsi untuk….
a. Membuat efek blend/perpaduan antara dua buah objek dan warna
b. Membuat efek countour/garis berbentuk radial disekeliling objek
c. Membuat efek ilusi 3 dimensi pada objek
d. Membuat efek distorsi/mengubah/menyimpangkan objek dengan menekan, dorong, memutar dan tarik
e. Membuat efek transparan pada objek

50. Ikon pada Corel Draw berfungsi untuk….
a. Membuat efek blend/perpaduan antara dua buah objek dan warna
b. Membuat efek countour/garis berbentuk radial disekeliling objek
c. Membuat efek ilusi 3 dimensi pada objek
d. Membuat efek distorsi/mengubah/menyimpangkan objek dengan menekan, dorong, memutar dan tarik
e. Membuat efek transparan pada objek

.: Selamat Menikmati :.

138 thoughts on “SOAL LATIHAN DAN PREDIKSI UAS GANJIL PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s