PETUNJUK TEKNIS MATA KULIAH PENDIDIKAN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA DAN TEKNOLOGI

DESKRIPSI MATA KULIAH DAN PRASYARAT
Mata kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi (PLSBT) merupakan salah satu mata kuliah (MKU) dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini merupakan sebuah kajian studi, bukan merupakan sebuah disiplin ilmu. PLSBT bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian serta wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mahasiswa mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan, khususnya gejala yang berkenaan dengan masyarakat dan lingkungan agar daya tanggap, persepsi dan penalaran tentang hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya (sosial-budaya-alam-teknologi) berjalan dengan baik. Dengan demikian diharapkan dengan mata kuliah PLSBT dapat membantu persepsi, penalaran, dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan komprehensip terhadap permasalahan lingkungan sosial, budaya, dan teknologi.

Materi PLSBT mencakup pembahasan tentang individu dalam hubungannya dengan masalah sosial, budaya, lingkungan dan teknologi, diantaranya tentang manusia sebagai makhluk individu dan sosial, hubungan nilai moral dan hukum, perubahan sosial dan pembangunan, hubungan kebudayaan dan modernisasi, IPTEK, dan hubungan manusia dengan lingkungannya.

Pendekatan dalam pemecahan masalah dalam mata kuliah PLSBT adalah dengan menggunakan : Menggunakan interdisipliner, multidisipliner, transdisipliner, krosdisipliner atau paling tidak dengan menggunakan pendekatan multi aspek/pendekatan multi dimensi.

Sedangkan metode yang digunakan dalam PLSBT bisa menggunakan: metode riset (studi kasus); metode pemecahan masalah dan metode inquiri

Buku yang digunakan meliputi: (1) Ridwan Efendi dan Elly Malihah, Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi, Value Press, Bandung, 2007. (2) Elly Malihah, Dkk, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Pranada Media, Jakarta, 2006. (3) Nursid Sumaatmadja, Manusia dalam Konteks Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi, Bandung, Alphabeta, 2004.

TUJUAN MATA KULIAH
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang manusia dalam konteks sosial atau manusia sebagai makhluk sosial yang mengungkapkan perkembangan individu mulai dari satuan keluarga, masyarakat sampai ke satuan yang lebih luas. Dalam pokok bahasan ini ditelaah masalah peranan nilai, moral, dan hukum, interaksi sosial, kelompok sosial, perubahan sosial, proses sosial dan pembangunan. Dibahas pula masalah-masalah manusia dalam konteks kebudayaan, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta interaksi manusia dengan lingkungannya.

DOSEN
Yoga Permana Wijaya, S.Pd

FREKUENSI PERKULIAHAN
15 kali pertemuan

KOMPETENSI DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kesadaran diri selaku makhluk Tuhan dalam mendekatkan diri kepadaNya, melalui hubungan sesama manusia dan lingkungan alam, meningkatkan kesadaran diri selaku makhluk sosial, budaya dan bagian yang tidak terpisahkan dari alam sekitarnya; meningkatkan kesadaran lingkungan dalam mengembangkan kehidupan yang selaras, serasi, dan seimbang dengan lingkungan hidup, meningkatkan melek iptek dan menerapkannya secara selaras, serasi, dan seimbang dengan lingkungan hidup, untuk mempertahankan kelestarian kehidupan umat manusia serta kehidupan pada umumnya, meningkatkan kepekaan dan keterbukaan terhadap masalah-masalah lingkungan, sosial, budaya dan teknologi, serta bertanggung jawab dalam memecahkan masalah tersebut.

TOPIK BAHASAN DAN SUB TOPIK BAHASAN:

  1.     Pengantar Perkuliahan
  2.     Esensi Dan Konsep Dasar Ilmu-Ilmu Sosial, Budaya, Dan Kealaman
  3.     Manusia Sebagai Makhluk Individu & Manusia Sebagai Makhluk Sosial
  4.     Hakekat Nilai Dan Moral Serta Sosialisasinya Dalam Kehidupan Manusia
  5.     Peranan Hukum Dalam Kehidupan Demokrasi
  6.     Interaksi Sosial, Kelompok Sosial, Masyarakat Dan Komunitas
  7.     UTS
  8.     Perubahan Sosial Dan Pembangunan
  9.     Manusia Dengan Keragaman Sosial, Budaya, Dan Peradabannya
  10.     Modernisasi Dan Globalisasi
  11.     Makna IPTEK Dan Seni Bagi Manusia
  12.     Manusia Sebagai Subjek Dan Objek IPTEKS Dan Dampak Penyalahgunaan IPTEKS Bagi Manusia
  13.     Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya: Modifikasi Lingkungan, Pencemaran Lingkungan, Budaya Dan Pola Kesehatan Lingkungan
  14.     Kependudukan, Kependidikan, Dan Ketenagakerjaan
  15.     UAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s