Seni Berfikir Positif

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain… (QS Al-Hujuraat 49:12).

Dalam ayat tersebut, sebagai seorang yang beriman secara tersirat kita dianjurkan untuk selalu memiliki persepsi yang positif. Kita harus mampu memandang segala sesuatu dan mengolahnya dalam hal yang positif. Ciri seseorang yang memiliki kepribadian matang adalah selalu berfikiran dan berperilaku positif. Bediuzzaman Said Nursi mengatakan “Seseorang yang melihat kebaikan dalam berbagai hal berarti memiliki pikiran baik. Dan seseorang yang memiliki pikiran baik mendapatkan kenikmatan hidup”.

Berfikir positif memang bukan berarti menggangap semua orang adalah baik tanpa waspada. Bukan pula berarti bahwa yang salah itu selalu baik, karena yang salah tetaplah salah. Hakikat berfikir positif adalah yang datang dari Allah selalu baik. Dibalik kejadian buruk dan kesalahan sekalipun pasti ada hikmah dari Allah yang selalu berarti baik.

Pernahkah kita terpikir mengapa pita film yang kita gunakan untuk mencuci foto disebut dengan negatif film?. Mungkin karena kita hanya melihat gambar yang hitam dan kelam dalam pita negatif film tersebut. Sedangkan ketika kita mencuci negatif film kedalam bentuk foto yang sudah jadi, maka kita akan melihat foto tersebut sebagai warna-warni yang indah dan bermakna. Ibarat negatif film, seseorang yang berfikiran negatif hanya melihat kehidupan sebagai gambaran yang hitam dan kelam, sedangkan orang yang berfikiran positif memandang kehidupan ini sebagai warna-warni yang indah dan bermakna.

Iman dan Pikiran Yang Positif

Keyakinan dan iman kepada Allah akan menimbulkan pikiran positif terhadap segala sesuatu. Ketika kita yakin bahwa segala sesuatu pada hakikatnya adalah berasal darinya, rezeki, jodoh dan nasib semuanya berasal darinya dan kita hidup didunia ini hanyalah sementara saja. Maka apapun yang terjadi pada diri kita, apa yang telah kita usahakan oleh diri kita, pada akhirnya akan selalu di sikapi dengan pikiran yang positif dan langkah yang tetap berjalan dalam arah yang baik.

Berfikir positif memang mudah apabila dikatakan, akan tetapi terkadang tidak mudah untuk dilakukan apalagi ketika kita dihadapkan dengan situasi yang kurang menguntungkan. Padahal manfaat dan keutamaan berfikir poistif dalam setiap kedaan akan membuat kedaan sesulit apapun menjadi mudah. Kita harus senantiasa berusaha untuk berfikir positif, dan mempelajari jalan kearah berfikir positif. Hanya diri kita sendiri yang dapat mengubah kedaan itu.

Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaanyang ada pada diri mereka sendiri... (QS Ar-R’ad 13:11)

Apabila kita masih belum mampu untuk berfikir positif, maka mestilah berlatih untuk selalu berfikir positif. Hanya orang yang berfikiran positiflah yang jiwanya selalu bersyukur, hanya orang yang berfikiran positiflah yang dirinya bahagia bahkan menularkan kebahagiaan kepada orang lain disekitarnya.

 

Berfikir Positif Adalah Jalan Menuju Sukses

Berfikir positif dapat berarti optimis. Optimis adalah perasaan yang berkaitan dengan keyakinan akan apa yang kita kerjakan saat ini bahwa di masa depan akan memperoleh hasil yang baik. Sedangkan kebalikan dari optimis adalah pesimis, yakni tidak meyakini apa yang dia lakukan akan mendapatkan hasil yang baik. Optimis melahirkan karakter seseorang yang percaya diri dan memiliki niat yang teguh. Oleh karena itu, berfikir positif akan membuat kita terbuka dari berbagai peluang untuk terus melangkah, sementara pikiran negatif akan menutup kita dari terus berusaha dan menutup berbagai peluang yang ada sehingga kita menjauh dari keberhasilan.

Berfikir positif juga merupakan sikap mental yang mengharapkan hasil yang baik serta menguntungkan. Pikiran positif menghadirkan kebahagiaan, suka cita, kesehatan, serta kesuksesan dalam setiap situasi dan tindakan kita. Apapun yang pikiran harapkan, pikiran positif akan mewujudkannya.

Dalam setiap segi kehidupan kita dituntut untuk mengawali segala sesuatu dengan fikiran yang positif agar memperoleh hal yang positif pula, Rasullulah SAW Bersabda: Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. (HR Bukhari Muslim).

Sayyidina Ali berkata, “Pemikiran adalah cermin yang bersih”. Bagaikan sebuah cermin yang bersih, maka segala sesuatu yang ada di hadapannya akan tampak dengan jelas. Begitupun pula pemikiran yang bersih, segala sesuatu yang dihasilkannya pasti adalah hal yang bersih yang bersumber pada sesuatu yang bersih pula. Al-Quran surat Alam Nasyrah berikut ini pun mengajak kepada manusia untuk memandang sesuatu yang tampak negatif sekalipun jutru merupakan hal yang positif.

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (QS Alam Nasyrah 94: 5-6).

 

Berfikir Positif Bermanfaat Secara Medis

Proffesor Tor D. Wager seorang ahli dibidang psikologi yang memimpin penelitian di Columbia menemukan fakta yang mencengangkan. Mereka menguji seberapa besar pengaruh pikiran bagi rasa sakit. Para peneliti memberikan sugesti dan keyakinan kepada para respondennya mengenai sebuah krim penghilang rasa sakit, yang sebenarnya krim tersebut tidak memiliki efek apapun.

Dengan alat MRI yang mampu menscan perubahan pada pusat rasa sakit didalam otak, dapat diketahui bahwa orang-orang yang diolesi krim penghilang rasa sakit bohongan itu ketika diberi sengatan listrik yang tidak berbahaya, pusat rasa sakitnya lebih tidak aktif dibandingkan orang yang tidak diolesi krim itu. Artinya secara nyata rasa sakit yang dialami responden tersebut apabila di olesi krim menjadi berkurang. Padahal kenyataannya Jelas krim tersebut tidak memiliki efek apa-apa, akan tetapi keyakinan seseorang terhadap kemampuan krim tersebut benar-benar membuatnya menjadi kebal dari rasa sakit. Dalam ilmu kedokteran hal ini disebut dengan efek “plasebo”. Pikiran mempengaruhi kesehatan dan kesembuahan terhadap pasien. Hal ini membuktikan, pikiran yang positif akan kesembuhan dari seorang pasien akan membuatnya menjadi lekas sembuh dan sehat kembali.

Dalam tubuh setiap makhluk terdiri dari sel, didalam inti sebuah sel terdapat kode genetik (gen). Yang membedakan makhluk hidup yang satu dan lainnya adalah gen yang dimiliki. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 oleh Dr. Kazuo Murakami penulis buku the Divine Message of DNA bahwa gen dapat dinyalakan atau dimatikan oleh proses fisik dan kimia. Faktor pikiran juga dapat mengubah kondisi gen. Faktor-faktor positif seperti kegembiraan, kesukacitaan, kepercayaan, dan doa dapat mengaktifkan transkripsi gen-gen yang berharga.

Sementara faktor pikiran negatif seperti stres, kesedihan, rasa takut dan sakit akan berakibat menonaktifkan transkripsi gen-gen yang berharga. Transkripsi gen yang berharga menjadi nonaktif itu artinya kita mempercepat kematian dan entropi (kerusakan dalam tubuh kita), sedangkan apabila kita selalu berfikiran positif maka itu akan membuat kita menjadi lebih awet muda, sehat dan panjang umur.

Subhanallah.. maka dari itu, marilah kita biasakan untuk senantiasa berfikiran positif, selain bahagia dan sehat rohani kita juga menjadi sehat secara jasamani.

Wallahu’alam bishawab.

Referensi:

  • Dr Frans Liwang. Ajaib nan ilmiah: Efek Plasebo. Kompas.com [online] diakses 25 Maret 2014
  • Muclis M. Hanafi. Mari Berfikir Positif. Psq.or.id/?p=1685. [online] diakses 25 Maret 2014
  • Rahmat ST, 29 April 2013. Gimana cara berfikir positif. www.motivasi-islami.com . [online] diakses 25 Maret 2014
  • www.news-medical.net. Efek Plasebo, Penelitian menunjukan manajemen nyeri adalah mungkin. Diakses 25 Maret 2014
  • Dr Kazuo Murakami (2007) Tuhan Dalam Gen Kita (The Divine Message Of The DNA). Penerbit terjemahan Indonesia: Mizan
  • Refensi gambar: http://www.dreamstime.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s