EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
BERBASIS KONTEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN TIK

Yoga Permana Wijaya, S.Pd
Pendidikan Ilmu Komputer
FPMIPA UPI
yogaupi@yahoo.com

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui reratahasil belajar siswa dan rerata peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran multimedia interaktif berbasis konteks dibandingkan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran TIK, 2) mengetahui efektivitas pembelajaran multimedia interaktif berbasis konteks dilihat dari indikator ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran, dan 3) mengetahui tanggapan siswa terhadap embelajaran TIK setelah pembelajaran multimedia interaktif berbasis konteks. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian yang diambil adalah siswa kelas XII sebuah SMA di Kabupaten Sukabumi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes objektif pilihan ganda untuk pretestdan posttestdan angket tanggapan siswa. Dari penelitian ini diketahui rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran multimedia interaktif berbasis kontekslebih tinggi dibandingkan siswa kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan normalized gainsetelah diinterpretasi, rerata peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran multimedia interaktif berbasis konteks dalam pembelajaran
TIK tergolong “tinggi”, sedangkan pembelajaran  konvensional tergolong “sedang”. Dalam penelitian ini pembelajaran multimedia interaktif berbasis konteksefektif terhadap hasil belajar siswa dilihat dari indikatorketuntasan hasil belajar sebesar 97%, lebih besar daripada ketuntasan belajar pembelajaran konvensional yang hanya sebesar 95%.
Dari hasil angket tanggapan siswa diperoleh bahwa pembelajaran multimedia interaktif berbasis konteks memberikan tanggapan yang positif terhadap siswa.

Kata Kunci
Efektivitas, multimedia interaktif, konteks, hasil belajar, TIK.

KLIK LINK Untuk Download / Unduh Jurnal Penelitian Ini :

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJAR

One thought on “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s