TIPS PERAWATAN KOMPUTER (Desktop, Laptop, Notebooks, Netbooks, Ultrabooks)

TIPS PERAWATAN KOMPUTER (Desktop, Laptop, Notebooks, Netbooks, Ultrabooks)

Oleh: Yoga Permana Wijaya, S.Pd

https://yogapermanawijaya.wordpress.com

 

Yang dimaksud komputer dalam artikel ini adalah personal computer, meliputi desktop, laptop, notebook, netbook dan ultrabook. Personal Computer (PC) kini menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari. Hampir setiap orang dari berbagai kalangan memiliki alat canggih multifungsi (general purpose) yang satu ini. Pemakaian barang ini agar manfaatnya bisa maksimal memang membutuhkan keahlian khusus terutama dalam bidang teknologi. Bagi Anda yang ingin merawat PC-nya secara maksimal, ada baiknya membaca beberapa petunjuk dan tips merawat PC di artikel ini yang akan saya tulis dengan lengkap dan sebisa mungkin apabila ada waktu akan terus di update. Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman dan keahlian Penulis di bidang komputer.

Berikut ini merupakan hal yang sifatnya rutin dan wajib dilakukan dalam perawatan Komputer:

a. Backup Data (Membuat Cadangan Data)

Pastikan Anda menyimpan data penting sebagai cadangan, agar ketika terjadi kerusakan tidak kehilangan. Anda bisa menyimpannnya pada berbagai macam perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpan data, seperti flashdisk, CD, DVD, Blueray Disk, Harddisk eksternal, memori card dsb. Bayangkan apabila file Skripsi, Tesis atau foto-foto kenangan Anda hilang karena komputer tempat menyimpan data tersebut rusak. Sungguh hal yang buruk bukan?.

Penulis merekomendasikan untuk tidak menyimpan data-data pada harddisk di partisi drive yang sama dengan tempat penyimpanan sistem operasi. Pastikan pula letak direktori My Document Anda berada terpisah dengan System. Misalnya Sistem Operasi berada di drive C:, maka Anda disarankan menyimpan folder My Document di drive D:, atau partisi lainnya. Hal ini menjaga kemungkinan kehilangan data akibat install ulang. Bagi pengguna sistem operasi Windows, Anda bisa memindahkan folder my document dengan cara mengklik kanan folder My document di Explorer (bukan Internet Explorer)>Properties> Move kedirektori tujuan di drive selain tempat System Windows berada (biasanya Windows berada di drive C:).

b. Install dan Update Anti-Virus  juga Update Software-software Anda

Anti-virus HARUS rutin di-update, agar dapat selalu menangkal  virus-virus baru yang terus bermunculan setiap hari. Kunjungi secara rutin situs pembuat antivirus yang digunakan atau setting antivirus Anda ke mode update secara otomatis bila konek ke jaringan Internet. Anda tidak perlu menginstall berbagai macam antivirus pada sebuah PC Anda karena itu akan memenuhi harddisk dan pemakaian memori, sehingga kinerja komputer anda menjadi lambat. Adapun berbagai macam antivirus pada dasarnya relatif sama saja, yang penting Anda melakukan update secara rutin seperti diterangkan di atas.

Jika Anda masih bingung menentukan memasang Antivirus apa dikomputer, Penulis sarankan untuk menggunakan salah satu antivirus gratis dengan kualitas terbaik berikut ini: Avira Antivir Personal Edition, Avast! Free Antivirus, Panda Cloud Antivirus, atau  AVG Anti-Virus Free Edition. Selain itu update juga software-software Anda untuk melindungi komputer dari security hole.

c. Membersikan Hardware

Selalu bersihkan secara berkala komputer secara fisik, baik bagian luar maupun dalam casing dari debu dan benda-benda asing lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja dan fungsi perangkat komputer. Bersihkan dengan hati-hati dan menggunakan alat pembersih seperti vacum cleaner, sikat halus, kuas atau kain lap lembut yang kering. Selain itu anda bisa menggunakan kompresor (udara bertekanan tinggi) atau hair dryer (pengering rambut) dengan pengaturan suhu yang rendah untuk membersihkan debu. Jangan gunakan cairan contact cleaner atau pembersih berbentuk cairan lainnya.

Untuk perangkat mobile seperti laptop, netbook dsb juga berbagai perangkat komputer yang masih memiliki garansi resmi, sebaiknya TIDAK DIANJURKAN untuk membuka casing karena akan merusak segel garansi. Hati-hati saat membuka komponen hardware agar tidak terjadi kerusakan, juga kesalahan pemasangan kembali. Hal ini memang cukup riskan bagi pengguna yang kurang mengerti perangkat komputer.

Memasang Keyboard Protektor atau kondom pada keyboard Anda terutama pada Laptop, Notebooks Netbooks dan Ultrabooks sangat dianjurkan untuk menjaga debu dan cairan masuk kesela-sela tombol keyboard atau komponen yang terdapat didalamnya. Penggunaan antigores pada layar monitor juga baik untuk perlindungan ekstra apabila diperlukan.

d. Membersihkan Komputer Secara Software

Melakukan pembersihan secara software diperlukan untuk menghemat penggunaan memori sehingga lebih mengoptimalkan kinerja komputer anda, caranya dengan menghapus file-file sampah di recycle bin, file tidak penting dan file sama yang terduplikasi, menguninstall program-program yang tidak penting atau jarang digunakan, menghapus history/recent/cache/temporary/cookiess/prefetch yang sudah tidak diperlukan dsb. Untuk mempermudah pekerjaan ini anda dapat pula menggunakan freeware yang bebas biaya seperti CC Cleaner & Glary Utilities. Dengan bantuan software utility tertentu Anda juga dapat membersihkan komputer Anda dari kesalahan sistem seperti melakukan defrag dan memperbaiki system registry.

e. Lakukan Defrag, Akan Tetapi Jangan Terlalu Sering

Defrag sesekali penting dilakukan untuk merapikan file yang terfragmentasi pada harddisk, sehingga proses baca dan tulis dapat dilakukan lebih efisien yang membuat umur pemakaian harddisk dapat lebih panjang. Namun, Defrag sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan. Defrag biasanya hanya dilakukan jika proses baca-tulis ke harddisk terasa lambat, akan menginstal program besar, atau akan mengkopikan file ukuran besar ke harddisk. Harddisk saat ini sudah sangat kencang, sehingga data yang terfragmentasi biasanya tidak akan banyak memperlambat. Komputer yang lambat seringkali disebabkan karena hal lain; kekurangan memory, ada virus, dan sebagainya. Lagipula full defrag sangat intensif, sehingga jika sering-sering dilakukan justru malah akan memperpendek umur hard disk.

d. Menjaga Sirkulasi dan Temperatur Udara

Kita harus memastikan sistem pendingin dan sirkulasi udara dalam casing berjalan dengan baik sehingga temperatur komputer bisa terjaga. Untuk komputer yang beroperasi 24 jam nonstop disarankan diletakkan di ruangan yang menggunakan pendingin (AC). Jika budget tidak mendukung Anda bisa menambahkan kipas pendingin (Cooling fan) dan sirip pendingin ekstra. Disarankan jarak casing dengan dinding atau pembatas minimal 30 cm. Ruang kosong dan longgar diperlukan untuk memperlancar sirkulasi udara yang masuk dan keluar dari cassing sehingga lebih terhindar dari kumpulan panas berlebih.

Untuk pengguna komputer portable seperti laptop, notebooks, netbooks dsb. Disarankan tidak menyimpan komputer Anda di atas alas dengan sirkulasi udara buruk, seperti karpet, kasur, dan lantai yang penuh debu. Selain menghindari over heating atau panas berlebih hal itu juga akan menyedot debu yang ada sehingga menumpuk kedalam cassing yang dapat memperpendek kemungkinan usia pemakaiannya. Hindarkan juga menyimpan PC ditempat yang terkena sorotan sinar matahari yang intensif secara langsung.

f. Hindari Menyimpan Makanan dan Minuman atau Makan dan Minum di Dekat Komputer

Hal ini walaupun sepele akan tetapi dapat berakibat fatal bagi kesehatan Anda dan komputer Anda. Bayangkan apabila secangkir kopi yang Anda letakan dekat komputer tanpa sengaja tersenggol hingga tumpah dan masuk kedalam komponen komputer tersebut, akhirnya hal itu merusak sirkuit atau menimbulkan korsleting bahkan dapat melukai Anda dan orang-orang disekitarnya. Atau bisa jadi ada remah-remah roti dan biskuit menempel disela-sela keyboard. Tentu hal tersebut selain jorok dan bisa mengundang bakteri beserta hewan-hewan penyebar penyakit, serangga dan hewan pengerat juga dapat merusak komputer Anda.

Menurut penelitian, memakan makanan di meja kerja terutama sambil menggunakan komputer tidak baik bagi kesehatan. Selain mempengaruhi pola makan yang kurang baik, makanan yang Anda lahap lebih besar kemungkinannya terkontaminasi oleh bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan. Keyboard dan mouse adalah tempat berkumpulnya banyak bakteri. Untuk menjamin kebersihan keyboard dan mouse, sesekali bersihkan menggunakan tisue basah yang mengandung alkohol. Alkohol yang terkandung dapat membunuh bakteri.

g. Memastikan Installasi Listrik Yang Baik Bagi komputer Anda

Anda harus selalu memastikan menggunakan power supply dengan daya dan kondisi yang mencukupi kebutuhan hardware. Memasang UPS sangat diajurkan untuk melindungi komputer Anda dari aliran listrik yang tiba-tiba bisa mati atau terjadi gangguan. Minimal Anda memasang stabillizer untuk melindungi tegangan arus listrik yang tidak stabil. Apabila ada sengatan listrik ketika menyentuh casing komputer, pasang kabel ground dengan menempelkan kabel biasa yang disambungkan dari casing langsung ke dinding atau tanah.

Untuk pengguna komputer portabel, selalu gunakan adaptor yang sesuai atau bawaan langsung dengan paket penjualannya. Hindari mengunakan adaptor yang tidak sesuai karena dapat berakibat fatal. Apabila Anda hendak menggunakan laptop yang langsung terhubung dengan colokan listrik dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya melepas terlebih dahulu baterai ketika dalam keadaan mati sebelum sambungan listrik terhubung.  Hal ini dimaksudkan untuk menjaga baterai tetap tahan lama dalam menyimpan daya.

h. Hindarkan Komputer dari Benda Bermedan Magnet

Medan Magnet atau elektromagnetik dengan tingkat tertentu dapat merusak beberapa komponen komputer seperti memori, harddisk drive dan layar monitor. Hindarkan medan magnet dari komputer Anda. Speaker memiliki medan magnet, letakan agak jauh dari cassing CPU dan monitor.

i. Perlakukan Komputer Anda Dengan Baik

Layaknya makhluk hidup, komputer juga harus diperlakukan sebaik mungkin. Apabila komputer diperlakukan dengan perawatan yang baik tentu yang untung adalah pemakainya. Komputer tersebut tidak akan merepotkan pemakainya dengan seringnya kerusakan dan gangguan sistem yang timbul. Hindari PC dari guncangan, terutama saat keadaan menyala. Hindari menekan keyboard dan tombol-tombol terlalu kencang. Jangan terlalu lama tidak menggunakan komputer, menyalakan komputer dengan rutin diperlukan untuk menghangatkan bagian tertentu agar tidak terjadi kelembaban yang dapat memicu kerusakan. Hindarkan hewan peliharaan dari komputer dan tempat bermain anak-anak kecil. Jangan memaksakan komputer dengan pekerjaan yang tidak sesuai kemampuannya, seperti memaksakan bermain game atau menggunakan software dengan spesifikasi berat yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer tersebut.

Bagi para pengguna komputer portabel, hati-hati ketika membawa komputer Anda. Untuk perlindungan ekstra, dianjurkan menggunakan tas atau cover yang khusus ketika bepergian membawa PC tersebut.   Selalu gunakan komputer Anda dengan perlakuan yang baik.

One thought on “TIPS PERAWATAN KOMPUTER (Desktop, Laptop, Notebooks, Netbooks, Ultrabooks)

  1. Have you ever thought about writing an e-book or guest authoring on other websites?
    I have a blog based upon on the same subjects you discuss and
    would really like to have you share some stories/information.
    I know my visitors would appreciate your work.
    If you are even remotely interested, feel free to shoot me an e mail.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s