Alam Semesta Berada Di Dalam Jiwa Manusia

Perkembangan ilmu pengetahuan akhirnya mampu menguak tentang cara kerja otak manusia yang luar biasa. Dari kemajuan itu akhirnya kita dapat menyadari, bahwa manusia sesungguhnya tidak pernah mengetahui realita yang sebenarnya tentang alam semesta, hal itu karena segala apa yang ada di dunia ini hanya berupa persepsi otak manusia dalam bentuk sinyal-sinyal listrik.

Tiap-tiap organ penginderaan pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yakni menerjemahkan suatu jenis rangsangan tertentu menjadi sinyal-sinyal listrik. Sinyal-sinyal listrik itu memasuki otak sebagai suatu untaian sinyal listrik yang ditimbulkan oleh penembakan urat-urat syaraf akibat rangsangan itu. Apa yang membuat salah satu untaian menjadi gambar dan untaian lainnya menjadi bau dan sebagainya tergantung dari syaraf-syaraf mana yang dirangsang. Ini berarti segala yang kita lihat, dengar, sentuh, kecap, rasa dsb hanyalah prsepsi mengenai apa yang terjadi didalam otak kita. Realita dan fakta yang sesungguhnya mengenai lingkungan sekitar kita, dunia, dan alam semesta yang kita lihat, yang kita dengar, yang kita kecap, yang kita sentuh, yang kita rasa, dsb  tidak pernah kita jangkau. Yang terjangkau hanyalah persepsi didalam otak masing-masing manusia. Semua itu hanyalah imajinasi yang terjadi didalam diri manusia masing-masing.

Kesimpulannya, meskipun kita percaya bahwa dunia ini berada diluar diri kita, namun sebenarnya dunia ini hanyalah berada didalam bagian kecil diri kita. yakni didalam otak. Itulah mengapa pepatah mengatakan “kamu adalah apa yang kamu pikirkan”. Maka berhati-hatilah dalam berfikir dan berprasangka. Mempunyai fikiran yang buruk atau negatif akan membuat diri kita menjadi pribadi yang negatif dengan kualitas hidup yang buruk. Sebaliknya, dengan menjaga fikiran yang baik atau positif akan membuat diri kita menjadi pribadi yang positif dengan kehidupan yang baik. Kamu berfikir maka itu terjadi.

 

19 April 2011

Yoga Permana Wijaya

credit ilustrasi: putuartawan.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s