Menjadi seorang guru menghindari kita dari sikap iri hati dan dengki

Seorang guru yang benar-benar cinta akan profesinya, dari pertama dia bangun tidur sampai dengan tidurnya  kembali tidak akan pernah luput dari tugas-tugasnya untuk menjadi seorang guru. Dari menyusun perencanaan untuk kegiatan pembelajaran, melakukan kegiatan belajar mengajar, mempelajari dan mencari ilmu pengetahuan dan fakta yang baru, memahami anak didiknya, melakukan evalusi dan lain sebagainya, dan belum lagi mengurusi kehidupan untuk hidupnya sehari-hari. Tentunya segala macam perbuatan didalam kesehariannyapun harus merupakan suatu kegiatan baik yang dapat menjadi contoh dan teladan bagi semua orang. Guru merupakan sosok yang patut digugu dan ditiru.

Kemarin untuk pertama kalinya saya merasakan bagaimana rasanya untuk menjadi seorang guru.  Menjadi seorang guru yang terpenting adalah bukan hanya memiliki kemampuan di bidang keilmuan yang lebih, namun juga harus memiliki kemampuan untuk memanage orang lain, kemampuan untuk memimpin anak didiknya, sehingga mampu mengatur suasana belajar dan pembelajaran berjalan dengan baik. Seorang guru harus mengetahui bagaimana psikologi anak didiknya, sehingga memahami anak didiknya dan mengarahkan mereka dalam proses belajar menjadi lebih baik, bukan hanya lebih baik dari segi keilmuan akan tetapi juga dari sikap dan tingkah laku yang kesemuanya harus terintegrasi sehingga tercapai keseimbangan kehidupan. Kehidupan seorang manusia yang memiliki hubungan dengan dirinya sendiri, orang lain, alam dan Tuhan. Tugas seorang guru yang baik adalah harus mampu memanusiakan manusia sehingga dia mampu survive dikehidupannya, bukan hanya membuat manusia itu menjadi pintar secara intelektual saja.

Kegiatan menjadi seorang guru betapapun berat tugas yang harus dijalaninya itu, tetapi saya merasakan kenikmatan yang tidak saya peroleh dari kegiatan yang lain. Sungguh ada kepuasan ketika niat kita memang untuk meningkatkan dan membuat hidup orang lain menjadi lebih baik, menjadi lebih bermakna.

Menjadi seorang guru sungguh merupakan perbuatan yang mulia. Kebahagiaan seorang guru justru muncul ketika dapat melihat bahwa orang lain itu lebih baik daripada dirinya sendiri. Kebahagiaan seorang guru muncul ketika muridnya menjadi lebih baik, apalagi mengetahui bahwa muridnya ternyata menjadi lebih baik daripada dirinya. Kesuksesan seorang guru adalah karena membuat kesuksesan bagi orang lain.

16 Februari 2010

Iklan

5 thoughts on “Menjadi seorang guru menghindari kita dari sikap iri hati dan dengki

  1. kebetulan sekali,saya masih kelas 2 smp,dan saya bercita-cita menjadi seorang guru mengikuti pekerjaan ibu saya yang jadi seorang guru

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s