Pengertian Media Pembelajaran

Heinich, Molenda dan Russel (1996) menyatakan bahwa media dalam aktivitas pembelajaran dapat didefenisikan sebagai sesuatu yang dapat membawa informasi dan pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara dosen dan mahasiswa. Heinich, dkk (1996), mengemukakan klasifikasi media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran yaitu: (1). Media yang tidak di proyeksikan, (2). Media yang diproyeksikan (projected media), (3). Media audio (4). Media video dan film, (5). Komputer, (6). Multimedia berbasis komputer.

Fungsi media dalam proses belajar mengajar yaitu untuk meningkatkan rangsangan peserta didik dalam kegiatan belajar (Ali, 2005).

Ciri-ciri umum media pembelajaran yaitu:

  1. Media pembelajaran memiliki pengertian fisik yang dewasa ini dikenal sebagai hardware (perangkat keras), yaitu suatu benda yang dapat dilihat, didengar, atau diraba dengan panca indera.
  2. Media pembelajaran memiliki pengertian nonfisik yang dikenal sebagai software (perangkat lunak) yaitu kandungan pesan yang terdapat dalam perangkat keras yang merupakan isi yang ingin disampaikan kepada siswa.
  3. Penekanan media pembelajaran terdapat pada visual dan audio.
  4. Media pembelajaran memiliki pangertian alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas.
  5. Media pembelajaran digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
  6. Media pembelajaran dapat digunakan secara masal (misalnya radio, televisi), kelompok besar dan kelompok kecil (misalnya film, slide, video, OHP), atau perorangan (misalnya: modul, komputer, radio tape/kaset, video recorder).
  7. Sikap, perbuatan, organisasi, strategi, dan manajemen yang berhubungan dengan penerapan suatu ilmu.

Tresna dalam Ali (2005) menjelaskan bahwa peranan media dalam pembelajaran mempunyai pengaruh sebagai berikut: 1) Media dapat menyiarkan informasi yang penting; 2) Media dapat digunakan untuk memotivasi pembelajar pada awal pembelajaran; 3) Media dapat menambah pengayaan dalam belajar; 4) Media dapat menunjukkan hubungan-hubungan; 5) Media dapat menyajikan pengalaman-pengalaman yang tidak dapat ditunjukkan oleh guru; 6) Media dapat membantu belajar perorangan; dan 7) Media dapat mendekatkan hal-hal yang ada di luar ke dalam kelas. Sedangkan Latuheru (2005) berpendapat bahwa peran media dalam pembelajaran adalah: 1) membangkitkan motivasi belajar pembelajar; 2) mengulang apa yang telah dipelajari pembelajar; 3) merangsang pembelajar untuk belajar penuh semangat; 4) mengaktifkan respon pembelajar; dan 5) segera diperoleh umpan balik dari pembelajar.

Beberapa Artikel di blog ini yang masih terkait :

7 thoughts on “Pengertian Media Pembelajaran

  1. Super Learning
    Kode : 9786029788747

    Oleh : Agus Warseno dan Ratih Kumorojati
    Harga : Rp. 30000
    Ukuran : 14x20cm
    Tebal :
    Terbit : Oktober 2010
    Penerbit : DIVA
    Diskon : 20 %
    Pesan : Beli
    Sekilas tentang isi buku
    Apakah Anda seorang pelajar atau mahasiswa yang berharap bisa membaca sekaligus memahami sebuah text book tebal dalam waktu lebih cepat? Atau, apakah Anda seorang profesional yang ingin berprestasi dalam setiap jabatan Anda?
    Namun, masalah yang Anda hadapi, Anda tidak tahu bagaimana caranya belajar?
    Anda tak perlu pergi ke sekolah mahal untuk bisa menjadi pembelajar yang lebih cepat, lebih hebat, dan lebih efektif. Karena, hanya dengan berbekal buku super ini, Anda sudah bisa menjadi Super Learner—pembelajar super.
    Melalui buku super ini, Anda bisa memperoleh segudang teknik membaca cepat (speed reading), mencatat dengan cerdas (metode mind map), menghafal atau mengingat bahan pelajaran, percakapan, dan lain sebagainya, sehingga menjadikan Anda sebagai orang dengan kecerdasan luar biasa.
    Dengan buku ini, buktikan sendiri betapa mudahnya Anda bisa mengerti, memahami, serta mengingat kembali informasi yang Anda peroleh.
    Jadilah Super Learner dengan Super Learning!!!

    Daftar menu:
    • Menjadi Superreader dengan Speed Reading
    • Teknik Dasar Membaca Cepat
    • Mencatat dengan Cerdas (Metode Mind map)
    • Mengingat dengan Teknik Asosiasi (Imajinasi), Teknik Lokasi (Loci), Teknik Akronim, Teknik Keyword, SWT (Stem Word Technique), Teknik Diagram Master, dan Teknik Numerik
    • Teknik Mengingat Percakapan
    • Teknik Mengingat Nama

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s