Web Semantik

Selama bertahun-tahun HTML telah berkembang menjadi sebuah sistem untuk memarkup dokumen-dokumen agar dapat ditampilkan sebagaimana seharusnya pada layar monitor sebuah komputer atau apabila dicetak.  Sebagai contohnya bumbu-bumbu didalam sebuah resep dapat di mark-up sedemikian rupa sehingga bumbu-bumbu tersebut ditampilkan sebagai sebuah daftar yang didalamnya setiap bumbu ditempatkan pada satu baris yang terpisah.

Akan tetapi, hal yang sebenarnya diharapkan adalah bahwa dengan dikembangkannya bahasa-bahasa mark-up baru menggunakan standar XML, penekannannya dapat diarahkan kepada semantik.  Umpamakanlah, sebagai contohnya, bahwa bumbu-bumbu didalam resep ditandai sebagai bumbu (mungkin dengan mempergunakan tag <bumbu> dan </bumbu> ) ketimbang hanya dibiarkan sebagai item-item saja didalam daftar. Kemudian, sebuah program dapat dituliskan untuk mengidentifikasi resep-resep yang memuat atau tidak memuat bumbu-bumbu tertentu.

Hal ini akan menjadi suatu perbaikan yang substansial atas kondisi saat ini, dimana hanya resep-resep yang memuat atau tidak memuat kata-kata tertentu yang dapat diidentifikasikan. Lebih tepatnya, dengan mempergunakan tag-tag semantik sebuah program dapat mengidentifikasikan semua resep lasagna yang tidak melibatkan penggunaan bayam, sedangkan program yang sama yang hanya berbasiskan pada seleksi kata-kata akan segera mengabaikan sebuah resep yang dimulai dengan pernyataan “lasagna ini tidak memakai bayam”. Oleh karena itu, perbaikan yang signifikan pada web dapat dicapai apabila suatu standar yang meliputi seluruh internet dapat dikembangkan untuk memark-up dokumen-dokumen menurut semantik ketimbang sekedar tampilan. Hasil yang akan diperoleh adalah sebuah World Wide web semantik.

One thought on “Web Semantik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s