Masyarakat Juga Bisa Dirubah Menjadi Intan

Kawan, tahukah engkau apa perbedaan arang dengan Intan?

Tentunya kita semua tahu, arang adalah benda padat berwarna hitam legam, digunakan untuk pembakaran, lumayan mudah untuk dibuat dan didapat, juga bukan sesuatu yang sangat berharga apabila dibandingkan dengan intan. Intan adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Sebenarnya keduanya, arang dan intan adalah sesuatu yang berasal dari unsur yang sama, yaitu karbon (Carbon=C).

Secara kimia yang membedakan intan dengan arang adalah struktur rantai penyusunnya, intan terbentuk dengan terjejal dan berada dalam tekanan tinggi dibawah perut bumi. Struktur yang rapat dan erat membuat intan tidak berwarna hitam seperti pada umumnya benda yang tersusun dari karbon lain seperti misalnya arang. Ini dikarenakan kedudukan elektron di sekitar inti pada intan lebih mendekat ke inti sehingga tingkat energi orbital-orbital atom karbon menurun. Perubahan kedudukan orbital ini mengakibatkan panjang gelombang spektrum tampak berubah, maka warna spektrum yang kita lihat pada intan juga berbeda, tidak lagi hitam.

Belajar dari indahnya intan sebagai benda mulia berharga dan kokohnya intan yang dikatakan merupakan benda terkeras dimuka bumi. Dan kembali saya ingatkan, bahwa yang membedakan arang dan intan itu adalah bentuk susunan rantai yang menjalinnya. Maka dapat dimungkinkan sesuatu yang berasal dari benda penyusun yang sama akan bertambah kualitasnya ketika benda-benda penyusunnya itu diikat dengan cara dan bentuk lebih erat yang berbeda. Mungkin menjadi sama seperti ikatan persaudaraan diantara kita.

Sederhana saja, apabila manusia diibaratkan sebagai unsur karbon dan struktur ikatannya diibaratkan dengan persahabatan maka untuk mencapai suatu keindahan kehidupan masyarakat yang diibaratkan seperti intan kita membutuhkan struktur rantai persahabatan yang indah dan kokoh.

Dan terimakasih banyak kepada kawan semua yang telah menjadi sahabat saya.

credit ilustrasi: http://www.bradleygoughdiamonds.com/pictures/diamond.jpg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s