E-mail dan MIME

Infrastruktur standar bagi e-mail internet dirancang untuk menangani file-file ASCII tradisional dan oleh karenanya tidak kompatibel dengan format-format file lainnya – termasuk gambar-gambar, suara dan dokumen-dokumen yang dibuat dengan menggunakan software pengolah kata.

Untuk memindahkan file-file semacam itu via e-mail internet, orang yang bersangkutan harus mengkodekannya kedalam format file teks, memindahkannya via e-mail, dan kemudian mendekodekannya kembali kedalam bentuk file aslinya. Untuk tujuan inilah MIME (Multipurpose Internet Mail Extension) dikembangkan.

Singkat kata, MIME adalah sekumpulan standar pengkodean yang dengannya jenis-jenis file tertentu (misalnya gambar-gambar JPEG dan GIF, video MPEG, dan dokumen-dokumen microsoft word) dapat dikonversikan menjadi file-file teks. Ketika file semacam itu diberikan kepada sebuah sistem e-mail yang dilengkapi dengan MIME, file tersebut dikodekan dan diberi label menurut sistem pengkodean yang digunakan, dikirimkan ketujuan akhirnya, dan kemudian dikodekan menurut label dokumen yang tercantum. Pada hari ini, kemampuan MIME telah terintegrasi didalam sebagian besar software aplikasi e-mail.

Referensi : Brookshear, J. Glenn. 2003. Computer Science Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s