File-File Teks Versus File-File Biner

Ketika mencetak sebuah dokumen teks dengan menggunakan perangkat-perangkat teletype lama, sebuah baris teks baru membutuhkan sebuah line feed (satu perpindahan vertikal) dan sebuah carriage return (satu perpindahan horisontal), yang masing-masingnya dikodekan secara terpisah dalam ASCII. (sebuah line feed diindikasikan oleh pola bit 00001010, sedangkan sebuah carriage return diindikasikan oleh 00001101).

Demi meningkatkan efisiensi, banyak diantara para programer awal yang merasa bahwa lebih mudah untuk menandai perpindahan baris (line break) hanya dengan salah satu dari kedua kode ini. Sebagai contohnya, apabila setiap orang setuju dengan sebuah carriage return ditambah sebuah line feed, maka ruang sebesar delapan bit akan dihemat untuk setiap baris teks didalam file.

Teknik jalan pintas semacam ini terus digunakan hingga hari ini. Secara spesifik, sistem operasi UNIX mengasumsikan bahwa perpindahan-perpindahan baris di dalam file-file teks diindikasikan hanya oleh sebuah line feed, sedangkan sistem-sistem yang dikembangkan oleh Apple Computer, Inc. hanya mempergunakan sebuah carriage return, dan sistem-sistem operasi Microsoft membutuhkan baik sebuah carriage return maupun sebuah line feed. Akibatnya, ketika file-file ini dipindahkan dari satu sistem ke sistem lainnya maka berbagai konversi harus dilakukan. Inilah yang merupakan asal muasal dari perbedaan antara “file teks” dengan “file biner” ketika memindahkan file-file melalui internet dengan menggunakan File Transfer Protokol (Protokol Pemindahan File) (FTP). Ketika mempergunakan FTP, sebuah “file teks” adalah sebuah file yang membutuhkan konversi semacam ini, sedangkan sebuah “file biner” adalah sebuah file yang tidak membutuhkan konversi. Secara spesifik, file-file yang dihasilkan oleh software-software pengolah kata harus dipindahkan sebagai “file-file biner” karena, file-file biner ini mempergunakan teknik-teknik encoding khusus untuk mengkodekan teks didalamnya.

Referensi :

Brookshear, J. Glenn. 2003. Computer Science Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Credit Ilustrasi :

Iklan

2 thoughts on “File-File Teks Versus File-File Biner

    • Secara mudah bisa dilihat dari ekstensi file yang bersangkutan, misalnya untuk file teks berekstensi .bat dan .txt, biasanya file teks dapat dibuka oleh program aplikasi teks editor.

      Sedangkan ciri-ciri file biner memiliki ekstensi .exe, .doc dan lain sebagainya yang hanya dapat dibuka secara langsung dalam sistem operasi atau hanya dapat dibuka oleh program aplikasi tertentu sesuai dengan kegunaannya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s