Rahasia Kekuatan Besar Manusia

Berikut ini adalah cerita mengenai seorang ahli statistika dan riset operasional, George Dantzig yang membuat saya takjub.

Waktu menempuh studi Doktoral, George Dantzig terlambat menghadiri suatu kuliah. Dua soal sudah dituliskan di papan tulis sewaktu ia memasuki ruangan. Ia pun menyalinnya dan mengerjakannya sebagai tugas kuliah. Beberapa saat kemudian ia sadar bahwa soal tersebut bukanlah soal yang mudah…namun karena merasa bahwa itu adalah tugas ia tetap mengerjakannya. Dua soal itupun akhirnya selesai, lalu George mengumpulkannya ke dosen pengampu dan meminta maaf atas lamanya waktu yang dia butuhkan untuk menyelesaikannya dengan beralasan bahwa soal tersebut “sedikit lebih sulit daripada biasanya”.

Kira-kira enam minggu sesudahnya, sang dosen datang ke rumah George sambil tergopoh-gopoh membawa tugas yang ia kumpulkan. Si empunya rumah sempat merasa tidak enak dan berpikir bahwa ia sudah melakukan kesalahan, namun ternyata…? Sang dosen memberitahunya bahwa apa yang ia pecahkan adalah dua soal statistika terkenal tinggi yang belum terpecahkan oleh siapapun. George menjadi orang pertama yang berhasil memecahkannya dan pekerjaannya dirangkum menjadi sebuah makalah untuk kemudian dipublikasikan oleh sang dosen.

Tidak berhenti sampai di situ, tahun berikutnya saat George bingung menentukan topik disertasi, sang dosen berkata bahwa penyelesaian dua soal tersebut akan diterimanya sebagai disertasi…

Kisah mengenai George Dantzig ini bahkan dipakai oleh seorang pendeta di masa itu sebagai bahan khotbah tentang kekuatan dari berpikir positif. Lebih lanjut lagi, sebuah film populer berjudul Good Will Hunting dibuat pada 1997 berdasarkan kisah George Dantzig.

Hikmah yang dapat kita ambil dari kisah nyata George, ketidaktahuan itu kadang membuat seorang manusia menjadi lebih berani dan bertindak. Seringkali pikiran kita terkurung oleh tekanan mental yang buruk, resiko, takut akan kegagalan, dan citra-citra  umum yang membuat pekerjaan menjadi terasa sulit untuk dikerjakan karena  mendengar  bahwa pekerjaan itu sulit. Seringkali lingkungan kita membuat mental kita kalah sebelum bertanding. Hal inilah yang harus kita hindari.

Dengan bersikap optimis, berarti kita sudah memiliki modal kemenangan, tinggal selanjutnya direalisasikan modal itu menjadi bentuk usaha untuk meraihnya. Tentunya saya  menekankan bahwa sebuah pikiran positif  perlu dibangun terlebih dahulu, mari kita sama-sama menghindari sikap pesimis. Jangan pernah mendengarkan orang yang mengatakan kepadamu “kamu tidak akan bisa”, namun yakinlah pada dirimu bahwa “aku bisa..!”.

Iklan

One thought on “Rahasia Kekuatan Besar Manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s