Kopi, Minuman Haram !!??

Ditulis : 18 April 2009

Download PDF Artikel ini : FaktaFaktaTentangKopi.pdf

Kopi adalah minuman yang menyimpan kenangan yang berkesan bagi saya. Dulu saya memiliki seorang adik perempuan yang lucu. Tahun 2000-an yang lalu, beliau pada umur yang ke-4 telah berpulang ke rahmatullah akibat menderita suatu penyakit. Ditelinga saya selalu terngiang beberapa kali permintaan beliau sewaktu sakit yang menginginkan secangkir kopi. Saya membuatkannya dan sempat beberapa kali karena kehabisan kopi, saya menggantinya dengan membuatkan secangkir cokelat hangat. Namun beliau tetap saja bersikeras menginginkan kopi, mungkin tampaknya secangkir kopi hangat membuat tubuhnya segar dan tampak lebih berseri. Meskipun masih belia, beliau sejak umur 2 tahun sangat menyukai kopi susu, mungkin terpengaruh oleh lingkungan penggemar kopi yang diwariskan keluarga saya.

Secangkir kopi bagi saya adalah sebuah kehidupan, teman setia yang selalu menemani disaat kesendirian dan kesibukan saat mengerjakan tugas kuliah hingga larut malam. Bahkan sempat terbersit dipikiran saya untuk menjadi seorang bandar kopi yang sukses kelak, he2.

Kopi juga menjadi sebuah therapi ketika diri ini mengalami goncangan jiwa akibat cinta. Cinta itu seperti secangkir kopi hangat yang diminum di malam hari yang dingin. Manis, harum, dan memberikan kehangatan dan kenikmatan. Namun kopi tetaplah kopi, seberapapun nikmatnya kopi selalu ada rasa pahit didalamnya. Tapi itulah yang membuat secangkir kopi terasa nikmat, sama seperti cinta yang indah yang kadang kehadirannya membuat diri menderita.

Terlepas dari segala sifat melankolis dalam diri saya, kopi juga selalu membuat saya penasaran dan bertanya-tanya. Sebenarnya apa sih manfaat kopi bagi tubuh ?. Rasa penasaran itu telah membuat saya terdorong untuk mengumpulkan fakta-fakta mengenai kopi. Semakin ditelusuri ternyata kopi memiliki fakta-fakta yang unik dan mitos-mitos serta dongeng-dongeng mengejutkan seputarnya, dari penyiapan sesajen kopi manis kopi pahit yang dipersembahkan seorang dukun ketika melakukan ritualnya hingga sajian hangat para ilmuwan periset tentang kandungan yang terdapat dalam secangkir kopi.

Yang cukup mencengangkan ternyata kopi adalah sebuah komoditas yang sarat dengan haluan politik dan sejarah. Keberadaan kopi juga sempat menjadi kontraversi, kopi sebagai minuman lahir dari dunia Islam, namun Dunia Islam sendiri sempat mengharamkan minuman kopi tersebut. Sebagai penambah wawasan bagi para pembaca dan mengajak para pembaca untuk minum kopi hangat bersama, berikut saya rangkum beberapa fakta yang diperoleh dari berbagai sumber mengenai kopi.

Fakta Tentang Kopi

1. Delapan puluh persen (80%) orang dewasa di dunia minum kopi sedikitnya sekali sehari.
2. Saat ini, kopi merupakan minuman ke-2 yang dikonsumsi di seluruh dunia, setelah air.
3. Masyarakat Swedia sangat tergila-gila dengan kopi, bahkan paling fanatik di dunia. Sehingga sampai sekarang negara-negara skandavia peminum kopi tertinggi perkapita di dunia. Setiap orang bisa menghabiskan 12 Kg lebih kopi pertahun. Finlandia merupakan negara yang konsumsi per kapitanya paling tinggi, dengan rata-rata konsumsi per orang sekitar 1400 cangkir setiap tahunnya!
4. Sejarah mencatat penanaman komersial kopi pertama kali dilakukan di Arab pada abad ke-15. Untuk jangka waktu yang lama, perdagangan komoditi yang berkelas tersebut dijaga dengan sangat ketat, para petani Arab berusaha dengan berbagai cara untuk menghentikan negara lain memperoleh biji kopi mereka yang berharga. Sejalan dengan waktu, biji kopi serta potongan tanaman tersebar ke daerah Aden, Mesir, Suriah, serta Turki di mana kopi terkenal sebagai “anggur arab”
5. Kopi mengandung Kafein. Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%. Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.
6. Kopi merupakan komoditas nomor dua yang paling banyak diperdagangkan setelah minyak bumi. Total 6,7 juta ton kopi diproduksi dalam kurun waktu 1998-2000 saja. FAO memperkirakan, pada tahun 2010, produksi kopi dunia akan mencapai 7 juta ton per tahun.
7. Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Namun Mengkonsumsi kopi secara teratur ternyata mampu mengurangi risiko terkena penyakit stroke pada wanita. Hasil penelitian ini telah di lansir di Circulation: Journal of the American Heart Association. Penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang meminum empat cangkir kopi per hari atau lebih ternyata telah mengurangi sekitar 20% risiko terserang stroke jika dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi secangkir kopi dalam sebulan. Manfaat meminum kopi ini baru terasa hasilnya pada wanita yang tidak merokok dan memiliki catatan kesehatan yang sangat baik. Bagi para wanita yang tidak merokok atau sudah stop kebiasaan tersebut, meminum empat cangkir kopi atau lebih dalam sehari ternyata mampu mengurangi risiko terserang stroke hingga 43%. Namun bagi para wanita yang merokok, meminum empat cangkir kopi atau lebih hanya mampu mengurangi risiko terserang stroke sebanyak 3%.
8. Di kota kecil Vassalboro, Maine terdapat kedai kopi topless alias bertelanjang dada, kedai itu bernama The Grandview Topless Coffee Shop. Secangkir kopi hangat disuguhkan oleh orang-orang yang spesial dengan dada terbuka!. Anda tertarik? He2..
9. Dulu awalnya, Indonesia merupakan pengekspor kopi terbesar dan terbaik di dunia. Hal itu terjadi sebelum tahun 1880-an, dimana pada tahun tersebut terjadi wabah hama karat daun yang memusnahkan kopi arabika yang ditanam di bawah ketinggian 1 km di atas permukaan laut, dari Sri Lanka hingga Timor. Brasil dan Kolombia akhirnya mengambil alih peran sebagai eksportir kopi arabika terbesar, sampai kini. Dan pada masa jaya itu, industri kopi di Jawa pernah berpameran di AS untuk memperkenalkan kopi, sehingga publik AS mulai mengenal kopi dan menjuluki minuman itu dengan Java. Bahkan James Gosling terinspirasi dan memberi nama sebuah bahasa pemrograman komputer hasil kreasinya yang digunakan hingga sekarang, bahasa pemrograman Java.
10. Mungkin kopi yang paling unik dan paling enak rasanya adalah kopi luwak. Konon kabarnya kopi yang asli dari Indonesia ini diperoleh dengan cara unik: biji kopinya diambil dari kotoran luwak -binatang sejenis kucing liar. Padahal kopi ini dihasilkan dari tanaman kopi biasa, hanya buah kopi yang sudah matang di pohonnya itu dimakan luwak. Yang menyebabkannya istimewa adalah insting luwak yang hanya memilih buah kopi terbaik untuk dimakan. Selain itu karena produksinya sangat sedikit dan rasanya selangit, maka harganyapun luar biasa mahal, yaitu US$ 300 sampai US$ 600 per kilogram!
11. Ada cerita menarik berkaitan dengan sejarah kopi. Konon, Raja Gustaff II (1594-1632) dari Swedia pernah menjatuhkan hukuman kepada dua orang bersaudara kembar. Mereka dianggap bersalah dalam suatu tindak pidana yang dituduhkan kepada mereka. Untuk menentukan siapa yang bersalah, sang raja membuat aturan unik dan tak lazim. Salah seorang hanya diizinkan minum kopi selama hidupnya, sedangkan seorang lagi hanya boleh minum teh. Nah, siapa yang lebih dulu meninggal, dialah yang dianggap bersalah. Ternyata, yang meninggal duluan adalah peminum teh pada usia 83 tahun, meski sudah terlambat, dia ditetapkan sebagai yang bersalah. Sejak saat itulah, orang Swedia dan negara-negara di kawasan Skandinavia menjadi begitu maniak dan fanatik terhadap kopi. Mungkin mereka percaya dengan minum kopi, umur mereka bisa lebih panjang.
12. Legenda paling masyhur dalam perjalanan kopi adalah kisah Kaldi dan temuan “biji merah ajaibnya”.
Dalam satu kisah disebutkan, sekitar abad ke-3, hiduplah seorang penggembala kambing di Ethiopia bernama Kaldi. Kaldi dikenal sebagai penggembala yang baik dan sangat bertanggung jawab terhadap hewan yang diurusnya.
Suatu hari, kambing-kambing tersebut tidak pulang dan Kaldi pun mencarinya. Ketika ditemukan, Kaldi melihat kelakuan aneh diperlihatkan oleh kambing-kambingnya, berloncatan riang gembira, seperti sedang mabuk. Tentu saja Kaldi heran dan mencari tahu apa gerangan yang menyebabkan kambing-kambing itu “menari-nari”? Kaldi kemudian tertarik oleh sekumpulan biji-biji berwarna merah mengilap yang ada di semak-semak dan dimakan oleh kambing-kambingnya. Dengan rasa ingin tahu, Kaldi pun mencoba memakan biji-biji tersebut. Sungguh ajaib, beberapa saat kemudian sang penggembala kambing itu menari-nari dengan riang, sama seperti kelakuan kambing-kambingnya.
Saat itu lewatlah seorang pria terpelajar asal kota. Pria bernama Aucuba itu merasa mengantuk, lelah, dan lapar. Aucuba kebetulan menyaksikan “aksi gila” Kaldi dan kambing-kambingnya. Saking laparnya, Aucuba pun mencoba makan biji merah yang dimakan Kaldi. Tak berapa lama, Aucuba merasa tubuhnya jadi segar, tenaganya pulih, rasa mengantuknya hilang, dan siap melanjutkan perjalanannya.
Ia pun membawa beberapa biji merah ke kota dan mencampurnya dengan makanan lain. Ia juga menggunakan biji merah itu sebagai bahan pencampur bagi minuman para biarawan agar bisa tetap terjaga selama berdoa. Ia juga menyebarkan biji-biji merah yang ajaib itu ke kota dan biara lain. Aucuba pun jadi orang kaya. Sedangkan, kisah Kaldi dengan kambing-kambingnya tak ada kelanjutannya.
13. Perjalanan kopi menjadi minuman yang paling digemari penduduk bumi memang tidak mulus. Ada masa-masa di mana kopi menjadi produk yang kehadirannya “diharamkan”. Pada tahun 1511, karena efek rangsangan yang ditimbulkan, dilarang penggunaannya oleh para imam konservatif dan ortodoks di majelis keagamaan di Mekah, Arab Saudi. Akan tetapi, karena popularitas minuman ini, larangan tersebut pada tahun 1524 dihilangkan atas perintah Sultan Selim I dari Kesultanan Utsmaniyah Turki. Di Kairo, Mesir, larangan yang serupa juga disahkan pada tahun 1532, di mana kedai kopi dan gudang kopi ditutup.
14. Pada tahun 1656, Wazir Kerajaan Usmaniyah mengeluarkan larangan untuk membuka kedai-kedai kopi. Bukan hanya melarang kopi, melainkan menghukum orang-orang yang minum kopi dengan hukuman cambuk pada pelanggaran pertama. Tetapi, bertahun-tahun kemudian, pelarangan minum kopi di Timur Tengah lambat-laun terkikis sehingga jika seorang suami melarang istrinya minum kopi, si istri tersebut bisa memakai alasan ini untuk meminta cerai.
15. Masyarakat Italia sudah mengenal kopi sejak abad ke-10, namun pembukaan kedai kopi pertama, Botega Delcafe di Italia, baru terjadi pada tahun 1645. Kedai kopi itu kemudian menjadi pusat pertemuan para cerdik pandai di negeri pizza tersebut.
16. Di Italia, pendeta-pendeta melarang umatnya minum kopi dan menyatakan, minuman kopi itu dimasukkan sultan-sultan muslim untuk menggantikan anggur. Bukan hanya melarang, melainkan juga menghukum orang-orang yang minum kopi. Alasannya, kopi adalah “komoditas politik” kaum muslim dalam upaya menggeser popularitas anggur yang sejak lama sudah dikenal dan identik dengan kaum Katolik.
17. Larangan juga diberlakukan di Rusia, meski lebih bersifat “diskriminatif” dan menjaga wibawa aristokrasi kopi. Karena dianggap bergengsi sebagai minuman, Raja Frederick Agung dari Rusia pada tahun 1777 hanya memperbolehkan kalangan atas atau kelas bangsawan saja untuk menunjukkan kearistokratan kopi.
</
Tak hanya fakta-fakta yang mencengangkan tentang kopi yang tak ada habisnya apabila dijabarkan, konon pengaruh kopi di bidang kesehatan juga memiliki fakta yang mencengangkan, berikut beberapa manfaat kopi yang diketahui dan sempat saya rangkum.

Manfaat Kopi
1. Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.
2. Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.
3. Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur). kafein tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.
4. Lopez-Gracia mengatakan “Antioksidan dalam kopi mengurangi peradangan dan juga memperbaiki fungsi pembuluh darah”.
5. Profesor bidang kesehatan masyarakat dan kinesiologi di Universitas Illionis Robert Motl mengatakan, “Kafein bekerja pada satu sistem di otak dan urat tulang belakang yang sangat terlibat dalam pemrosesan rasa sakit. Dan karena kafein menghalangi adenosine, zat kimia yang memainkan peran penting dalam pengalihan energi dan olah raga, kafein dapat mengurangi nyeri.”
6. Kafein membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat. Cobalah mengkonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi pada atasan. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak.
7. Kafein mencegah gigi berlubang. Cobalah untuk meminum secangkir kopi hangat atau teh hangat sesaat setelah Anda mengkonsumsi cookies, cake coklat yang lezat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.
8. Kafein mengurangi derita sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.
9. Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
10. Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama.
11. Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
12. Perempuan yang minum dua cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena pengeroposan tulang (osteoporosis).
13. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.
14. Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
15. Kafein juga melindungi jantung dan kanker.
16. Untuk mengurangi risiko pengidapan diabetes mulailah meminum kopi. Seseorang yang minum kopi lebih dari enam cangkir sehari berisiko rendah terserang diabetes dibanding dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali. Demikian simpulan sebuah riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18 tahun di AS.
17. Parkinson jarang ditemukan pada orang yang minum kopi secara teratur. Sebuah riset menyimpulkan penyakit ini justru ditemukan pada pria yang tidak minum kopi tiga kali lebih banyak daripada pria penikmat kopi.
18. Minum kopi membuat sperma “berenang” lebih cepat dan mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan “American Society for Reproductive Medicine” di San Antonio, dimana pembicaraan utama berkisar pada efek obat-obatan terhadap kesuburan kaum adam.

Mari Kita Minum Kopi Secara Bijak
Kopi sungguh merupakan minuman yang tak hanya nikmat namun juga memiliki khasiat yang sungguh luar biasa banyaknya, namun bagi anda para maniak kopi jangan dulu berbahagia!. Selain memiliki manfaat-manfaat yang banyak tersebut, ternyata kopi juga memiliki efek dan dampak negatif apabila mengkonsumsinya secara berlebihan. Segala sesuatu yang bermanfaat dan baik juga apabila berlebihan dan tidak ditanggapi secara bijak maka akan menjadi sesuatu yang buruk. Berikut ulasan hasil rangkuman saya mengenai kopi.
1. Kopi dapat menimbulkan efek ketergantungan apabila dikonsumsi secara berlebihan.
2. Kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat memperburuk kondisi tubuh jika memang Anda memiliki catatan kesehatan yang buruk; seperti insomnia, sering merasa gelisah, tegang, tekanan darah tinggi, atau masalah dengan jantung. Kalau memang Anda memiliki catatan kesehatan yang kurang baik, sebaiknya Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter perihal efek sampingnya sebelum meminum kopi.
3. Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut.
4. Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari.
5. Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.
6. Tim peneliti dari Universitas Dunham menyimpulkan orang yang minum lebih dari tujuh cangkir kopi instan sehari cenderung tiga kali lipat lebih mudah mengalami halusinasi daripada orang yang hanya minum satu cangkir kopi sehari. Kesimpulan tersebut diambil setelah mereka menyurvei 200 mahasiswa mengenai kebiasaan mengonsumsi kopi dan pengalamannya melihat hal-hal mistis. Menurut James hubungan antara kopi dan halusinasi mungkin terkait dengan hormon kortisol. Halusinasi sendiri timbul saat tubuh terlalu banyak memproduksi hormon kortisol. Hormon tersebut dihasilkan saat seseorang mengalami stres. Konsumsi kafein juga memicu produksi hormon tersebut. Meski demikian, James menekankan bahwa hubungan tersebut bukan sebab akibat. Kalaupun kafein memicu halusinasi, pengaruhnya mungkin tak sebesar faktor psikologis lainnya.

Hmm, tampaknya tulisan ini sudah terlalu panjang, sekian rangkuman saya mengenai kopi. Akhirnya saya mengajak anda sekalian. Yuk kita minum kopi dulu !!.

he2, tentunya minum kopi secara bijak agar menjadi amal ibadah karena telah membuat tubuh kita selalu sehat dan bersyukur akan pemberian Tuhan yang telah memberikan kesehatan dan menciptakan minuman yang nikmat ini..

Referensi :
http://alatkesehatan.com
http://arisdanar.com
http://cyberman.cbn.net.id
http://detik.health.com
http://food.detik.com
http://kompas.com
http://netsains.com/category/artikel
http://prasetyowidi.wordpress.com/2008/04/21/manfaat-kopi
http://solusisehat.net
http://waspada.co.id
http://Wikipedia.org
http://www.azk4.com/2009/02/manfaat-dan-bahaya-kopi.html
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=3880

Iklan

3 thoughts on “Kopi, Minuman Haram !!??

  1. Obviously agrees as to what you may explained. I convey back, I typically get irked whenever other folks examine topics they obviously are usually not privy to. That you were in a position to hit the nail upon the actual top and in addition discussed out every little thing without complication. people can take a sign.

    Suka

  2. Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at. Seo Plugin

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s