Indikator Kompetensi Guru TIK

Ditulis : 18 April 2009

Sekitar 1 Minggu yang lalu saya mengikuti perkuliahan Kapita Selekta di Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer UPI, di perkuliahan itu dosen kami Dr. Wawan Setiawan M.Kom membahas tentang standar kompetensi yang harus dimiliki seorang guru TIK. Dari perkuliahan tersebut saya menyimpulkan beberapa Kompetensi, yakni sebagai berikut:

A. KOMPETENSI PERSONAL

1.Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
Indikator:

  1. Membiasakan diri menerima serta memberi kritik dan saran.
  2. Membiasakan diri mentaati peraturan.
  3. Membiasakan diri konsisten dalam bersikap dan bertindak.
  4. Membiasakan diri meletakkan persoalan sesuai dengan tempatnya.

2.Selalu menampilkan diri sebagai pribadi yang berakhlak mulia yang menjadi teladan bagi peserta didik.
Indikator :

  1. Membiasakan diri berperilaku yang santun dan mencerminkan ketaqwaan.
  2. Membiasakan diri berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik.

3.Selalu berperilaku sebagai pendidik profesional.
Indikator :

  1. Membiasakan diri menerapkan kode etik profesi guru dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Membiasakan diri selalu berkomitmen terhadap tugas sebagai pendidik.
  3. Mengembangkan etos kerja secara bertanggungjawab.

4.Mengembangkan diri secara terus menerus sebagai pendidik profesional.

Indikator :

  1. Memanfaatkan berbagai sumber untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian.
  2. Mengikuti berbagai kegiatan yang menunjang pengembangan profesi keguruan.

5. Mampu menilai kinerja sendiri yang dikaitkan dengan pencapaian tujuan utuh pendidikan TIK.
Indikator :

  1. Mengkaji strategi berfikir reflektif untuk melakukan penilaian kinerja sendiri.
  2. Berusaha memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja sendiri untuk kepentingan pendidikan TIK.
  3. Menindaklanjuti hasil penilaian kinerja sendiri untuk kepentingan peserta didik

B. KOMPETENSI PROFESIONAL

Kemampuan penguasaan materi pembelajaran TIK secara luas dan mendalam yang memungkinkan guru dapat membimbing peserta didik untuk memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.

1. Untuk Guru TIK KKPI sesuai dengan SKKNI cukup menguasai kompetensi Adaptif

2. Untuk Guru TIK Multi Media harus mengusai kompetensi Adaptif + Kompetensi Produktif Multimedia

3. Untuk Guru TIK Rekayasa Perangkat Lunas harus mengusai kompetensi Adaptif + Kompetensi Produktif RPL

4. Untuk Guru TIK Teknik Komputer dan Jaringan harus mengusai kompetensi Adaptif + Kompetensi Produktif TKJ

a. Adaptif (Ketrampilan Komputer dan Pengolahan Informasi)

1. Memiliki sikap (etika dan moral) dan Kesehatan serta Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Indikator:

  1. Mengidentifikasi aturan-aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat lunak TIK.
  2. Mengidentifikasi syarat-syarat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat TIK.
  3. Memahami ketentuan penggunaan TIK
  4. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak TIK
  5. Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK.

2. Menguasai konsep dasar perangkat keras dan perangkat lunak.

Indikator:

  1. Mengidentifikasi perkembangan perangkat keras dan lunak.
  2. Mengidentifikasi alat input, alat pemroses dan alat output dari komputer.
  3. Mampu memasang/mengganti komponen Personal Computer (PC): hardisk, memori, soundcard, dll.
  4. Mengidentifikasi sistem operasi dari komputer.
  5. Melakukan operasi dasar komputer dengan menggunakan salah satu sistem operasi.
  6. Melakukan manajemen file.
  7. Melakukan setting periferal.
  8. Mengidentifikasi aplikasi perangkat lunak.

3. Menguasai program pengolah kata.
Indikator:

  1. Mengidentifikasi anatomi dan fungsi perangkat lunak pengolah kata.
  2. Membuat dokumen baru dengan menggunakan program pengolah kata.
  3. Mampu mengedit, mengelola dan mencetak dokumen.
  4. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata.
  5. Membuat dokumen dengan melibatkan tabel, gambar, dan diagram.
  6. Membuat Object Linking and Embedding
  7. Membuat karya-karya menggunakan program pengolah kata

4. Menguasai program lembar kerja atau spread sheet.
Indikator:

  1. Mengidentifikasi perangkat lunak lembar kerja beserta fungsi ikon dan menunya
  2. Membuat lembar kerja dengan menggunakan program lembar kerja
  3. Mampu mengedit, mengelola dan mencetak lembar kerja
  4. Membuat lembar kerja dengan melibatkan formula, grafik, dan gambar
  5. Menggabungkan karya lembar kerja dengan dokumen program pengolah kata
  6. Mampu menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
  7. Mampu menganalisis pengambilan keputusan dengan perangkat lunak lembar kerja.

5. Menguasai program pengolah presentasi.

Indikator:

  1. Mengidentifikasi anatomi dan fungsi perangkat lunak presentasi.
  2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi.
  3. Membuat bahan presentasi.
  4. Mampu mengedit, mengelola dan mencetak dokumen presentasi
  5. Membuat animasi dalam presentasi.
  6. Mampu memperindah presentasi.
  7. Membuat karya menggunakan program presentasi

6. Menguasai program pengolah database.
Indikator:

  1. Mengidentifikasi prinsip dasar database.
  2. Mengidentifikasi pemeliharaan database.
  3. Mengidentifikasi tabel yang meliputi perancangan, Properties, View dan Wizard.
  4. Mengidentifikasi Form yang meliputi perancangan, Properties dan Wizard.
  5. Mengidentifikasi queri yang meliputi perancangan, operator, parameter dan fungsi yang terdapat dalam queri.
  6. Mengidentifikasi Report yang meliputi perancangan dan modifikasi.
  7. Membuat karya menggunakan program untuk membuat database.

7. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi.
Indikator:

  1. Mengenal perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet.
  2. Mengidentifikasi web browser.
  3. Memahami perintah dasar web browser.
  4. Memahami penamaan alamat internet (URL), alamat surat (e-mail) dan aturan penulisan alamat di internet.
  5. Membuat surat elektronik (e-mail).
  6. Membuat Mailing List.
  7. Menggunakan internet untuk memperoleh dan mencari informasi.
  8. Menggunakan internet untuk berkomunikasi langsung.

b. Produktif (Keahlian)

1. Kompetensi Keahlian Multimedia (Menggunakan paket-paket program grafis dan multimedia).
Indikator :

  1. Mengidentifikasi anatomi program membuat grafis
  2. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis.
  3. Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran.
  4. Melakukan entry data (grafis) dengan menggunakan image scanner.
  5. Mengoperasikan software pengolah gambar vektor (digital illustration) dan gambar raster (digital imaging).
  6. Mengoperasikan periferal web.
  7. Melakukan entry data (web) dengan menggunakan image scanner.
  8. Mengoperasikan software web design, 2D animation dan FTP.
  9. Mengoperasikan periferal multimedia presentasi
  10. Melakukan entry data (multimedia) dengan menggunakan image scanner.
  11. Mengoperasikan software multimedia dan presentasi.
  12. Mengoperasikan periferal animasi 3D
  13. Mengoperasikan animasi 3 dimensi.
  14. Mengoperasikan perangkat lunak multimedia.
  15. Mengoperasikan periferal perekam suara.
  16. Mengoperasikan periferal perekam gambar.
  17. Mengoperasikan perangkat lunak penyunting audio.
  18. Mengoperasikan perangkat lunak penyunting video.
  19. Mengoperasikan perangkat lunak efek visual.
  20. Menguasai image video and audio acquisition.
  21. Mengedit dan memanipulasi image, video, dan audio.
  22. Menerapkan program grafis dan multimedia untuk presentasi grafis.

2. Kompetensi Keahlian RPL (Mengenal bahasa pemrograman dan Rekayasa Perangkat Lunak).
Indikator:

  1. Mengidentifikasi diagram alur dan algoritma pemrograman.
  2. Mengidentifikasi perintah dasar dan menu suatu bahasa pemrograman.
  3. Mengidentifikasi Tipe, Nama dan Nilai
  4. Mengidentifikasi runtunan.
  5. Membuat program dengan pemilihan.
  6. Membuat program dengan perulangan.
  7. Membuat program dengan prosedur/fungsi.
  8. Membuat program dengan larik.
  9. Menyiapkan dan melakukan survey untuk menentukan kebutuhan data.
  10. Mengoperasikan software bahasa pemograman level 1.
  11. Konversi data level 1.
  12. Menguji program level 1.
  13. Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer berbasis teks.
  14. Melakukan perancangan pengumpulan data
  15. Melakukan desain dan perancangan software.
  16. Melakukan pengkodean program.
  17. Melakukan back up basis data.
  18. Melakukan restore basis data.
  19. Mengoperasikan software aplikasi basis data.
  20. Membuat query data.
  21. Menguji dan memperbaiki kesalahan program.
  22. Membangun interface dengan bahasa pemograman berorientasi objek.
  23. Mengoperasikan bahasa pemograman berbasis web.
  24. Membangun program aplikasi remote data interaktif.

3. Kompetensi Keahlian TKJ (Menggunakan jaringan lokal (LAN) dan non lokal (WAN) untuk keperluan informasi dan komunikasi).
Indikator:

  1. Memahami prinsip-prinsip komunikasi data.
  2. Mengenal dan memahami piranti jaringan.
  3. Memahami topologi dan hirarki jaringan.
  4. Memahami multi user acces.
  5. Memahami media transmisi (kabel dan nirkabel)
  6. Mengoperasikan PC dalam suatu jaringan.
  7. Menginstalasi PC.
  8. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan periferal.
  9. Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC.
  10. Melakukan perbaikan peripheral.
  11. Melakukan perawatan PC.
  12. Melakukan perawatan peripheral.
  13. Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface).
  14. Menginstalasi sistem operasi berbasis text.
  15. Menginstalasi software.
  16. Mem-Back-Up dan Me-Restore software
  17. Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area Network).
  18. Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang tersambung jaringan.
  19. Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi jaringan.
  20. Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI (Graphical User Interface).
  21. Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text.
  22. Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide Area Network).
  23. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network).
  24. Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang.
  25. Memilih aplikasi untuk server

C. KOMPETENSI PEDAGOGIK

Kemampuan mengelola peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, serta pengembangan peserta didik berbasis TIK untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

1. Mampu memutuskan mengapa, kapan, dimana, dan bagaimana TIK mendukung tujuan pengajaran, dan bagaimana memilih jenis-jenis TIK yang sesuai untuk keperluan belajar siswa.
Indikator:

  1. Memilih jenis TIK dan pengajaran yang sesuai dengan materi pelajaran
  2. Menjelaskan alasan memilih jenis TIK dan pengajaran
  3. Merencanakan pelajaran, memutuskan kapan dan bagaimana TIK akan digunakan.

2. Mampu mengembangkan potensi peserta didik.
Indikator:

  1. Mengkaji teori-teori tentang teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Melaksanakan bimbingan belajar tentang teknologi informasi dan komunikasi yang dibutuhkan anak didiknya.
  3. Mengembangkan kegiatan praktikum dalam proses pembelajaran.

3. Menguasai prinsip-prinsip dasar pembelajaran berbasis TIK.
Indikator:

  1. Mengkaji landasan filosofis yang mendasari pembelajaran berbasis TIK di tingkat sekolah menengah kejuruan.
  2. Mengkaji prinsip-prinsip dasar pembelajaran berbasis TIK
  3. Mengkaji berbagai model pembelajaran berbasis TIK yang terpusat pada siswa dan sesuai untuk tingkat sekolah menengah kejuruan
  4. Mengkaji berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran berbasis TIK yang mendidik, termasuk untuk siswa yang berkelainan dan atau berkesulitan belajar

4. Mengembangkan kurikulum TIK yang mendorong keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.
Indikator:

  1. Mengembangkan bahan ajar TIK dalam berbagai format yang mengakomodasi perbedaan kebutuhan peserta didik
  2. Mengembangkan berbagai media pembelajaran tentang TIK yang bersumber dari lingkungan yang memicu keterlibatan anak didik secara aktif dan menyenangkan

5. Merancang pembelajaran TIK yang mendidik.
Indikator:

  1. Mengkaji prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran TIK yang mendidik.
  2. Menyusun rencana pembelajaran yang mempertimbangkan karakteristik anak didik dan mata pelajaran berbasis TIK tingkat sekolah menengah kejuruan untuk mencapai tujuan utuh pendidikan

6. Melaksanakan pembelajaran TIK yang mendidik.
Indikator:

  1. Menerapkan keterampilan dasar mengajar mata pelajaran (MP) berbasis TIK.
  2. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
  3. Melaksanakan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik anak dan MP berbasis IK tingkat sekolah menengah kejuruan dalam rangka pencapaian tujuan utuh pendidikan
  4. Mengelola kelas dengan memanfaatkan potensi yang ada pada siswa
  5. Melakukan penyesuaian transaksional dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak didik dan pencapaian tujuan utuh pendidikan
  6. Menerapkan model-model pembelajaran berbasis TIK yang memicu keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
  7. Menggunakan lingkungan sekolah sebagai laboratorium pembelajaran berbasis TIK.
  8. Memberikan bantuan individual sesuai dengan kebutuhan peserta didik

7. Menilai proses dan hasil pembelajaran TIK yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
Indikator:

  1. Mengkaji berbagai strategi dan prosedur penilaian proses dan hasil pembelajaran TIK yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan
  2. Mengembangkan berbagai instrumen penilaian proses dan hasil pembelajaran TIK.
  3. Melaksanakan penilaian proses dan hasil pembelajaran TIK yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan
  4. Membiasakan diri melakukan refleksi mengenai proses dan hasil pembelajaran TIK.
  5. Menindaklanjuti hasil penilaian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran TIK.

D. KOMPETENSI SOSIAL

Kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar terhadap perkembangan TIK

1. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang tua peserta didik, sesama pendidik, dan masyarakat sebagai stakeholders dari layanan ahlinya.
Indikator:

  1. Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik, sesama pendidik, dan masyarakat tentang program pembelajaran TIK dan kemajuan peserta didik.
  2. Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program
  3. pembelajaran TIK dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik.

2. Berkontribusi terhadap perkembangan pendidikan TIK di sekolah dan masyarakat.
Indikator:

  1. Bekerjasama dengan teman sejawat dalam menyelenggarakan berbagai program pendidikan berbasis TIK di sekolah.
  2. Merancang berbagai program berbasis TIK untuk mengembangkan pendidikan di sekolah dan lingkungan sekitar.

3. Berkontribusi terhadap perkembangan pendidikan TIK di tingkat lokal, regional, dan nasional.
Indikator:

  1. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah-masalah pendidikan TIK di sekolah pada tataran lokal, regional, dan nasional.
  2. Mengembangkan alternatif pemecahan masalah-masalah pendidikan TIK di sekolah.

4. Mampu memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

Indikator:

  1. Mengkaji berbagai perangkat TIK.
  2. Mampu mengoperasikan berbagai peralatan pembelajaran untuk berbagai kepentingan peningkatan keprofesionalan.
  3. Memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangkan kemampuan profesional

Semoga bermanfaat… n_n

5 thoughts on “Indikator Kompetensi Guru TIK

  1. bisa kasih tahu buku yang memuat kompetensi guru di bidang TIK selain Permendiknas No. 6 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Aakdemik dan Kompetensi Guru.Atau Buku yang memuat uraian materi kuliah dari Bapak Dr. Wawan Setiawan M.Kom. Saya perlu banget buat tulisan saya. Terima kasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s