Rahasia Tentang Uang

(Oleh : Yoga P. W.)

Ditulis tanggal : Desember 2007

Update : 27 Maret 2009

Uang adalah sesuatu yang menjadi impian kebanyakan orang, tak sedikit orang yang tergila-gila terhadapnya, namun kebanyakan dari mereka merasa kesulitan untuk memperolehnya. Lalu bagaimana cara kita untuk menyikapi uang secara benar ?.

Adalah mustahil di zaman ini ada seseorang yang mampu hidup tanpa uang, kendatipun uang bukanlah bahan pokok kehidupan manusia akan tetapi, secara tidak langsung dengan uang berbagai bahan pokok yang menjadi bahan kehidupan manusia itu didapatkan dan dihasilkan.

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia uang adalah “alat pembayaran yang sah dari pemerintah”, dari pengertian singkat tersebut disebutkan bahwa fungsi dari uang adalah sebagai “alat” pembayaran. kata “alat”, apabila ditelaah lebih lanjut tentunya dapat disimpulkan bahwa uang yang bagaimanapun sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari hanyalah berfungsi sebagai suatu perkakas pembantu manusia dalam proses tukar menukar barang atau jasa dan sekali lagi bukan sebagai pokok kehidupan manusia, apalagi sesuatu yang memperalat manusia. Hal ini tentunya membuat kita merasa heran ketika dalam kenyataannya kebanyakan diantara kita masih saja diperalat oleh uang.

Sejauh mana manusia menyikapi perihal uang ?

Adakah diantara kita yang tidak mengenal Bill Gates ? hal apakah yang membuatnya menjadi manusia nomor 1 terkaya didunia ?. Jika kita simak secara mendalam, hal utama yang membuatnya menjadi manusia superkaya adalah “pengetahuannya yang mendalam tentang uang”. “Pengetahuan” yang saya maksud adalah pengetahuan tentang cara menyikapi uang, bagaimana mendapatkannya, mengelolanya dan menjaganya.

Apa yang dilakukan oleh para orang-orang kaya sebenarnya tidak serumit apa yang dibayangkan. Dalam buku Rich Dad Poor Dad karya Robert T. Kiyosaki dan Sharon L. Lechter dijelaskan bahwa kebanyakan pendapatan para orang kaya merupakan pendapatan pasif, yang dimaksud dengan pendapatan pasif adalah pendapatan yang dihasilkan dari investasi, dividen, sewa real estate dan sebagainya, dengan jumlah kerja yang minimal.

Hal itu berkebalikan dengan yang selama ini kebanyakan orang lakukan. Banyak diantara kita bekerja keras untuk uang, sedangkan penguasaan uang tersebut sebagian besar tetap berada disekelompok para orang kaya. Bagi kebanyakan orang-orang dalam tingkat kekurangan dan menengah bekerja itu adalah kegiatan untuk mencari uang (aktif income) sedangkan, yang terjadi terhadap orang-orang kaya adalah uang yang bekerja untuk mereka.

Rahasia tentang Uang

Dalam dunia ekonomi selalu terjadi siklus yang dinamakan arus kas, kas masuk (sebagai pendapatan) dan kas keluar (sebagai pengeluaran). Arus kas tersebut menentukan apakah sesuatu didefinisikan sebagai pendapatan atau pengeluaran, aset atau liabilitas.

Aset adalah sesuatu yang dapat menghasilkan uang secara teratur dengan jumlah pekerjaan langsung yang paling kecil. Para orang kaya memiliki aset yang mampu memberikan mereka uang, sehingga pendapatan mereka dapat terus mengalir, sedangkan mereka sendiri tidak menjadi bekerja keras terhadapnya, dengan kata lain uanglah yang bekerja untuk mereka contoh dari aset: Toko, Rumah Kontrakan, Mobil pick up yang digunakan untuk keberlangsungan bisnis dll.

Kebalikan dari aset adalah liabilitas, liabilitas selalu membuat pengeluaran bagi pemiliknya. Kendaraan mewah adalah contoh dari liabilitas, hal ini apabila kendaraan mewah tersebut tidak menjadikan pemiliknya mendapatkan keuntungan, keuntungan dalam artian finansial. Dari mulai biaya pembelian, biaya yang dikeluarkan untuk pajak hingga biaya perawatan yang dikeluarkan oleh pemilik nyaris tidak memberikan keuntungan sedikitpun terhadap mereka.

Menyikapi hal diatas, tentunya kita dapat menyadari kekeliruan masyarakat Indonesia terhadap uang. Kenyataan bagi kebanyakan masyarakat, uang dan liabilitas (kemewahan) adalah sesuatu yang didewakan, sedangkan cara untuk memperolehnya dengan benar masih menjadi pengetahuan yang minim dipelajari. Oleh karena itu dimulai dari sekarang marilah kita pelajari dan sikapi uang sebagai sesuatu yang berharga sebagaimana mestinya dan tentu saja tidak membuatnya sampai memperalat kita.

 

Iklan

2 thoughts on “Rahasia Tentang Uang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s